Zalnando Nilai Wajar Penyelenggara Ubah Format Kompetisi Liga 1

Penulis: M. Aldi
Selasa 01 Jun 2021, 11:00 WIB
bek Persib, Zalnando

Zalnando ketika berlatih (foto : Persib official)

Berita Liga 1 Indonesia : Perubahan format kompetisi di musim 2021/2022 dianggap wajar oleh Zalnando. Menurutnya situasi pandemi seperti ini membuat pihak penyelenggara perlu melakukan penyesuaian.

Untuk Liga 1 2021/2022 dimainkan dalam sistem series dan berformat bubble to bubble. Jadi meski setiap tim bermain 34 kali dan bertemu dua kali satu sama lain, tapi tidak dimainkan di kandang sendiri. Karena pertandingan dibuat terpusat di satu atau dua provinsi pada setiap serinya.

Menurut Zalnando, menurutnya tidak masalah jika gelaran kompetisi dibuat seperti ini. Karena kini pandemi masih melanda dan tidak bisa menggelar liga seperti di tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau masalah format kan mengikuti situasi sekarang, kan musim-musim sebelumnya belum terjadi situasi seperti ini (pandemi) jadi hal yang wajar lah kalau formatnya diganti selagi masih sesuai regulasi," ujar bek Persib ini ketika diwawancara.

Liga 1 2021/2022 juga rencananya akan dimulai pada 10 Juli mendatang. Ditanya soal opsi yang diambil PSSI, Zalnando mengatakan sebagai pemain dia hanya berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin kapanpun laga dimainkan.

"Main tanggal 10 ya kita sih mungkin fokus buat persiapan saja sih, masalah itu mau tanggal 10 atau tanggal berapa, yang penting kita tetap persiapan dan ready dulu, tanggal berapapun ya kita siap," kata pria asal Cimahi ini.

Dalam format bubble to bubble juga Persib dipastikan tidak akan bermain di Bandung. Karena setiap tim ditentukan oleh PSSI tidak boleh tampil di kandangnya. Meski menyesalkan itu, tapi Zalnando tetap menerimanya.

"Ya sayang juga pastinya tetapi ya mau gimana lagi karena sudah regulasinya seperti itu ya ikutin saja. Lagipula ini pandemi, pasti regulasinya sudah dipikirkan dengan baik," tutur mantan pemain Sriwijaya FC ini.

Sementara itu, mengenai kondisi setelah berlatih sepekan bersama Persib di masa pramusim, dia mengaku semakin fit. Terus ada peningkatan setiap harinya setelah digeber oleh tim pelatih dengan program khusus.

"Alhamdulillah kalau kondisi meningkat dari hari ke hari. Terus melihat dari waktu meeting lihat detak pemain tadi, preseason kali ini juga lebih baik dari segi jarak dan ini juga anak-anak meningkat, saya juga merasa ada peningkatan lah," tukasnya.

Artikel Tag: zalnando, Persib

414  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini