Wojciech Szczesny Nyatakan Dukungan Kepada Ukraina, Ogah Main Kontra Rusia

Penulis: Rei Darius
Sabtu 26 Feb 2022, 21:00 WIB
Wojciech Szczesny ogah main kontra Rusia.

Wojciech Szczesny menolak bermain kontra Rusia (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Wojciech Szczesny merilis pernyataan yang mengonfirmasi penolakan bermain kontra Rusia untuk timnas Polandia di play-off Piala Dunia 2022, seiring dengan agresi militer di Ukraina.

Dalam unggahan terbarunya di Instagram, Szczesny menyatakan bahwa dirinya merasa terikat dengan Ukraina, yang merupakan tanah kelahiran istrinya.

"Istri saya lahir di Ukraina, ada darah Ukraina yang mengalir dalam tubuh anak saya, sebagian dari keluarga kami masih ada di Ukraina, banyak pekerja saya yang merupakan orang Ukraina dan mereka adalah orang-orang hebat," kata kiper Juventus itu.

"Melihat penderitaan di wajah mereka dan ketakutan untuk negara mereka membuat saya menyadari bahwa saya tidak bisa tinggal diam dan berpura-pura bahwa tidak ada hal yang sedang terjadi.

"Seketika [Presiden Rusia Vladimir] Putin memutuskan untuk menginvasi Ukraina, dia mendeklarasikan perang tak hanya kepada Ukraina, namun juga kepada nilai-nilai yang dibela oleh Eropa. Kebebasan, Kemerdekaan, namun yang terpenting adalah Kedamaian."

Tim nasional Polandia merilis pernyataan penolakan untuk bermain menghadapi Rusia di Moskow pada Sabtu (26/2) sore tadi WIB. Kedua tim dijadwalkan untuk bertemu pada babak semifinal play-off Piala Dunia 2022 di Moskow pada tanggal 24 Maret mendatang.

Striker Bayern Munich, Robert Lewandowski, telah mengutarakan dukungannya terhadap langkah Federasi Sepak Bola Polandia, dan kini Wojciech Szczesny menyuarakan pernyataan yang serupa.

"Pada 24 Maret, kami seharusnya bermain dalam pertandingan play-off untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Dan meskipun hati saya patah ketika menuliskan ini, nurani saya tidak akan membiarkan saya bermain," lanjutnya.

"Mewakili negara adalah kebanggaan terbesar untuk karier seorang pesepak bola, namun masih menjadi pilihan. Saya menolak untuk bermain menghadapi para pemain yang memilih untuk mewakili nilai-nilai dan prinsip Rusia!

"Saya menolak untuk berdiri di lapangan, mengenakan warna dari negara saya dan mendengarkan lagu kebangsaan Rusia! Saya menolak untuk ambil bagian yang melegitimasi tindakan pemerintah Rusia.

"Saya tahu bahwa dampak saya mungkin hanya simbolis, namun saya meminta FIFA dan UEFA untuk ambil bagian dan meminta pertanggungjawaban federasi Rusia utnuk tindakan mereka."

Artikel Tag: Wojciech Szczesny, Polandia, Piala Dunia 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/wojciech-szczesny-nyatakan-dukungan-kepada-ukraina-ogah-main-kontra-rusia
545  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini