Wabah Corona Bikin Tradisi Zalnando Saat Lebaran Terhenti

Penulis: M. Aldi
Jumat 22 Mei 2020, 04:00 WIB
Wabah Corona Bikin Tradisi Zalnando Saat Lebaran Terhenti

Zalnando

Berita Liga 1 Indonesia: Sebentar lagi umat Muslim di seluruh belahan dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri. Tapi untuk tahun ini, banyak tradisi yang biasanya dilakukan saat lebaran tidak akan terjadi karena situasi pandemi global.

Penyebaran virus corona yang menghantui membuat setiap orang wajib menjaga jarak. Imbasnya momen silaturahmi secara tatap muka saat lebaran untuk kali ini harus dihindari. Bek Persib, Zalnando mengatakan acara open house pun kali ini libur dulu.

"Ya bedanya kalau di pandemi ini ya enggak ada halal bi halal, gitu lah atau open house lah nya, sekarang ya enggak ada paling untuk keluarga di rumah aja, lebih jaga jarak aja sih." tutur pemain bernomor punggung 27 ini saat diwawancara.

Biasanya di setiap tahun Zalnando dengan terbuka mempersilakan tetangga dan keluarga datang ke rumahnya. Tetapi karena kini pemerintah menganjurkan semua orang untuk membatasi interaksi langsung, tradisi lebaran harus dihentikan.

"Biasanya open house kaya tetangga-tetangga tuh datang pada ke rumah, biasanya solat ied, rumah saya open house, dan sekarang paling di rumah saja, masak juga buat di rumah saja palingan," kata eks pemain Sriwijaya FC itu.

Zalnando sendiri memang tidak merasakan tradisi mudik setiap tahunnya karena keluarganya ada di Bandung. Hanya berkunjung menuju rumah saudaranya yang tidak jauh. Tetapi dia mengtakan tetap saja rutinitas itu tahun ini tidak dilakukan.

"Enggak ada, tapi kalau dari dulu lebaran di rumah saja. Enggak mudik, justru mudiknya ke sini. Kalau ya paling cuma ke rumah saudara di Maleber cuma ya rada ngeri sih mau silaturahmi ke rumah saudara juga jadi di rumah aja," jelasnya.

Ramadan dan puasa tahun ini memang dirasa amat berbeda andai dibandingkan dengan sebelumnya. Terutama dari cara silaturahmi karena tidak dibolehkan demi memutus rantai penyebaran virus. Komunikasi jarak jauh pun dikatakan Zalnando jadi solusi.

"Pastinya kaya bersosialisasi, jadi ketemu itu kurang, ketemu langsung keluar dan ketemu itu kurang. Tapi kalau ngobrol juga lewat telepon atau video call, beda sih rasanya," tutup full-back kiri yang direkrut Persib pada musim 2019 ini.

Artikel Tag: zalnando, Persib, Bandung

444  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini