VAR Dianggap Robert Bantu Wasit Ambil Keputusan Dengan Tepat

Penulis: M. Aldi
Selasa 07 Sep 2021, 22:30 WIB
Robert Rene Alberts menyinggung penggunaan VAR untuk membantu wasit

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts (Foto : Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Penggunaan video assistant referee (VAR) disinggung oleh Robert Rene Alberts. Dia menilai teknologi ini bisa membantu kinerja wasit dalam memimpin jalannya pertandingan dengan baik.

Pelatih Persib ini menyebut penggunaan video assitant referee penting agar wasit tidak keliru mengambil keputusan dan tak ada tim yang dirugikan. Itu karena di laga Persib kontra Barito Putera, ada gol dari timnya yang dianulir.

"Ini bukan untuk mengkritisi, apa yang coba kami sampaikan setiap saat adalah supaya untuk membenahi sepakbola di sini. Untuk membenahi situasi seperti ini dan membantu wasit," kata Robert Rene Alberts ketika diwawancara secara virtual.

Mohammed Rashid dianggap sudah berdiri di posisi offside ketika menerima umpan Marc Klok. Padahal dalam tayangan ulang, gelandang asal Palestina itu masih onside ketika pemain belakang lawan hendak bergerak maju.

Menurut sang pelatih, memang dari sudut pandangnya itu sudut pandangnya tidak jelas dan bisa diperdebatkan. Maka dari itu, penggunaan teknologi akan sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan mengenai offside.

"Dari sudut pandang kami, lantaran kami duduk di bench, saya bisa katakan itu keputusannya fifty-fifty, karena kami bisa melihat saat Marc melepas umpan kepada Rashid, pemain Barito melakukan pergerakan," ujarnya.

"Itu keputusan yang harusnya dipertimbangkan 1-2 detik tapi wasit sudah mengambil keputusan dan wasit keempat yang berada di sisi kami tidak bisa mengonfirmasi itu offside atau tidak," lanjutnya.

Memang video assitant referee di awal kehadirannya banyak menuai kecaman. Karena teknologi dirasa mengurangi esensi dalam sepakbola. Namun belakangan justru teknologi ini sangat membantu wasit dalam memimpin laga dan mengurangi potensi human error.

"Menurut saya, wasit akan terbantu dengan adanya VAR karena itu sudah diperkenalkan di sepakbola dunia. dan juga kini sudah diterima meski di awal diperkenalkannya ada banyak masalah. Tetapi jika kalian lihat sekarang, offside itu offside, itu jelas dan membantu wasit dalam mengambil keputusan," kata dia.

"Wasit selalu berada dalam kondisi di bawah tekanan dan sulit bagi mereka mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Dan itu kenapa teknologi masuk, untuk membantu mereka," tukasnya.

Artikel Tag: VAR, robert rene alberts, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/var-dianggap-robert-bantu-wasit-ambil-keputusan-dengan-tepat
426  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini