Van Gaal: Messi Biang Kerok Kegagalan Barca di Liga Champions!

Penulis: Rheza Hendrian
Selasa 25 Jun 2019, 13:53 WIB
Van Gaal: Messi Biang Kerok Kegagalan Barca di Liga Champions!

Lionel Messi / via Getty Images

Berita Liga Spanyol: Eks manager Barcelona yaitu Louis Van Gaal, mengecam Lionel Messi dengan mengatakan bahwa bintang Blaugrana tersebut seharusnya beradaptasi dengan tim bukan sebaliknya.

Pria asal Belanda tersebut berpikir bahwa Messi terlalu banyak diberi kebebasan di Camp Nou karena beberapa pelatih yang bertugas di Barca akhir-akhir ini lebih memprioritaskan kemampuan individu sang bintang ketimbang kemampuan kolektif tim.

Meski sukses menjuarai La Liga musim lalu, Barca kembali menemui kegagalan di Liga Champions usai takluk dari Liverpool di babak semifinal.

Dengan kegagalan di musim lalu, Barca tercatat sudah empat tahun tidak mampu menembus babak final Liga Champions setelah terakhir kali menjuarainya di tahun 2015.

Dan Van Gaal pun meyakini bahwa biang kerok atas gagalnya Barca di Liga Champions tak lain disebabkan oleh megabintangnya sendiri, yakni Lionel Messi.

"Saya yakin bahwa tak ada yang lebih penting ketimbang pemain yang bermain secara tim ," ujar Van Gaal dalam sebuah wawancara dengan El Pais.

"Barca memiliki kendala dengan hal tersebut. Saya pikir Messi harus bertanya pada dirinya sendiri mengapa ia sudah lama tak menjuarai Liga Champions."

"Ia adalah pemain terbaik di dunia karena statistiknya sungguh luar biasa. Tapi mengapa ia tak mampu memenangkan Liga Champions dalam empat tahun terakhir?"

"Sebagai kapten, Anda harus bertanya kepada diri Anda sendiri mengapa tim yang Anda bela tak mampu juara di Eropa. Saya pikir bukan pelatih saja yang harus bertanggung jawab, Messi juga!"

"Mereka [Barcelona] memiliki 30 pemain dan saya yakin bahwa Messi harus beradaptasi dengan timnya, bukan sebaliknya," kritik Van Gaal.

Van Gaal tercatat menukangi Barcelona selama dua periode yakni di tahun 1997 hingga 2000 dan di tahun 2002 hingga 2003.

Dari dua periodenya menangani El Barca, mantan pelatih berusia 67 tahun tersebut sukses mempersembahkan beberapa gelar yakni dua trofi La Liga (98 & 99), satu Piala Copa del Rey (98), dan satu Piala UEFA Super Cup (97).

Artikel Tag: Louis Van Gaal, Barcelona, Lionel Messi

1012  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini