Unai Emery: City Punya Guardiola Sebagai Pemimpin, PSG Punya Neymar!

Penulis: Demos Why
Jumat 04 Mei 2018, 19:03 WIB
Unai Emery: City Punya Guardiola Sebagai Pemimpin, PSG Punya Neymar!

Neymar / Getty Images

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Prancis: Manajer Paris Saint-Germain, Unai Emery, menyebut Neymar sebagai pemimpin yang paling penting di Parc des Princes. Bahkan dirinya sampai membandingkan antara Neymar dengan sosok pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Neymar sendiri didatangkan oleh PSG ke Parc des Princes setelah mengaktifkan klausul rilis sang pemain dari Barcelona dengan nilai mencapai 222 juta euro. Setelah bergabung dengan PSG, Neymar langsung menunjukkan kapasitasnya sebagai striker haus gol dengan mencetak 28 gol dan 19 assist dari 30 laga di semua kompetisi sampai akhirnya terhenti akibat dibekap cedera retak tulang metatarsal akhir Februari lalu.

PSG sendiri sejauh ini telah memenangkan dua kompetisi domestik, Ligue 1 dan Coupe de la Ligue, serta masih berpeluang untuk menorehkan treble di kompetisi domestik andai menang saat menghadapi Les Herbiers di final Coupe de France pekan depan. Tapi kegagalan PSG di ajang Liga Champions membuat Emery akhirnya memutuskan untuk mundur sebagai manajer mereka.

Hal ini pula yang membuat Emery menyadari bahwa orang terpenting di PSG bukanlah dirinya, melainkan Neymar.

"Suatu hari, Jorge Valdano [mantan pemain, pelatih, dan direktur di Real Madrid] membuat saya melakukan refleksi, 'Di Barcelona pemimpinnya adalah [Lionel] Messi; di Madrid adalah [presiden] Florentino Perez; dan di Atletico Madrid [pemimpinnnya] adalah Diego Simeone'," ujar Emery kepada The Tactical Room.

"Pemain, presiden, dan pelatih. Setiap kali, profil pemain berbeda. Saya tahu ketika saya adalah orang utama di dalam grup dan ketika saya tidak. Ini adalah proses bahwa setiap pelatih harus hidup dan internalisasi, ini adalah sesuatu yang perlu Anda pelajari dengan waktu dan pengalaman."

"Di setiap klub Anda harus tahu apa peran yang Anda mainkan dan apa peran yang Anda terapkan untuk anggota grup lainnya."

"Pendapat saya adalah bahwa di PSG pemimpinnya adalah Neymar. Atau lebih tepatnya, pemimpin bisa disebut Neymar karena itu adalah proses ia menjadi. Neymar datang ke PSG untuk menjadi pemimpin, untuk menjalani proses yang diperlukan sebagai pemain nomor satu dunia."

"Itu adalah proses yang masih agak dibutuhkan untuk konsolidasi. Di Manchester City, pemimpinnya adalah Pep Guardiola. Di PSG, pemimpinnya harus Neymar," tutup Emery.

Artikel Tag: Unai Emery, Neymar, Pep Guardiola, Paris Saint-Germain, Manchester City, Ligue 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/unai-emery-city-punya-guardiola-sebagai-pemimpin-psg-punya-neymar
704  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini