UEFA Bantah Kompetisi Eropa Harus Selesai 3 Agustus

Penulis: Demos Why
Senin 06 Apr 2020, 12:03 WIB
UEFA Bantah Kompetisi Eropa Harus Selesai 3 Agustus

Aleksander Ceferin (Foto: Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images)

Berita Sepakbola: Pihak UEFA memberikan bantahannya terkait kabar yang menyebutkan mereka memaksa untuk menuntaskan kompetisi antar klub Eropa pada 3 Agustus. Kabar tersebut mulai mencuat setelah presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menetapkan seluruh pertandingan di Liga Champions musim ini mesti rampung pada tanggal tersebut.

Ceferin sendiri sebelumnya menyatakan bahwa dirinya berencan untuk merampungkan dua kompetisi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa, pada 3 Agustus 2020 mendatang. Hal itu dilakukan lantaran hingga saat ini pandemi virus corona di Eropa belum menunjukkan tanda-tanda akan menurun. Namun Ceferin juga tak menutup kemungkinan untuk menghentikan kompetisi andai tidak bisa rampung hingga Agustus. Apa yang diucapkannya lantas dikutip oleh broadcaster Jerman, ZDF.

Akan tetapi melalui laman resminya, UEFA dan Ceferin dipastikan hingga saat ini belum menetapkan kapan musim 2019/20 harus berakhir. UEFA hanya bisa menegaskan bahwa pada saat ini bahwa pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan seluruh liga serta klub di Eropa terakait kemungkinan kapan kompetisi bisa kembali dimulai dan diselesaikan. Bahkan sejumlah laga kemungkinan paling lambat akan digelar pada Agustus mendatang.

"Sebelumnya diwartakan bahwa presiden UEFA, Aleksander Ceferin, telah membuat pernyataan kepada ZDF bahwa Liga Champions harus tuntas maksimal pada 3 Agustus mendatang. Kabar itu sama sekali tidak benar. Presiden sama sekali belum menetapkan tanggal pasti untuk akhir musim ini," bunyi pernyataan resmi UEFA.

"Hingga saat ini UEFA masih melakukan analisa terkait seluruh opsi guna menyelesaikan kompetisi domestik dan Eropa bersama Asosiasi Klub-Klub Eropa dan Liga-Liga Eropa dalam kelompok jerka yang dibentuk pada 17 Maret. Namun untuk saat ini semua pihak sepakat bahwa yang paling utama adalah menjaga kesehatan publik."

"Sebagai lanjutan dari itu, semua demi menemukan solusi di kalender dalam rangka merampungkan seluruh kompetisi. Opsi-opsi yang sedang dipelajari saat ini adalah memainkan laga pada Juli dan Agustus jika diperlukan, tergantung tanggal restart dan izin dari otoritas nasional."

Lebih lanjut UEFA juga menegaskan bahwa kompetisi domestik di Eropa tidak boleh ada yang dibatalkan dan wajib dituntaskan kapan pun tanggal dimulainya kembali.

"Dalam waktu beberapa bulan lagi, kami sangat yakin pertandingan sepakbola bisa digelar kembali dengan kondisi yang tentu saja harus ditentukan oleh otoritas publik. Selain itu kami juga meyakini bahwa mengakhiri kompetisi pada saat ini merupakan keputusan yang terlalu prematur dan sama sekali tak bisa dibenarkan," pungkasnya.

Artikel Tag: Aleksander Ceferin, UEFA, liga champions, Liga Europa

602  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini