Uang Subsidi Klub Akan Dipotong, Persib Minta Transparansi Dana PT. LIB

Penulis: M. Aldi
Sabtu 09 Mei 2020, 23:00 WIB
Uang Subsidi Klub Akan Dipotong, Persib Minta Transparansi Dana PT. LIB

Umuh Muchtar

Berita Liga 1 Indonesia: PT. Liga Indonesia Baru yang menjadi operator kompetisi Liga 1 2020 ingin memotong dana subsidi ke klub peserta. Upaya itu mendapat penolakan dari kontestan liga karena tidak sesuai dengan kesepakatan awal.

Pihak Persib pun menanggapi rencana dari PT. LIB tersebut. Umuh Muchtar mengatakan pihaknya sebenarnya tidak masalah subsidi tersebut dipotong jika kas LIB memang kosong. Tapi menurutnya LIB juga harus transparan mengenai uang yang mereka punya.

"Kalau sudah bangkrut mah tidak ada masalah, asal benar-benar uangnya tidak ada dan belum diterima PT LIB dari sponsor. Tapi kalau sudah menerima uang, segera dikasihkan kepada klub-klub dan dikasih berapa-berapanya dijelaskan," kata Umuh kepada awak media.

Menurutnya LIB seharusnya memanggil dulu klub kontestan, lalu menjelaskan kondisi yang sebenarnya. Seperti membeberkan uang yang mereka miliki dari sponsor dan pemegang hak siar. Dengan begitu, klub jadi bisa memahami apa yang dialami LIB.

"Disitu dipanggil semua bareng-bareng, bahwa LiB baru menerima uang sekian. Transparan dari sponsor ataupun yang bersangkutan yang sudah punya janji dari TV atau mana, sudah ada berapa yang diterima, gitu kan," lanjut Umuh.

Transparansi dana menurut salah satu Komisaris dari PT. Persib Bandung Bermartabat itu menjadi hal yang krusial. Menurutnya LIB tidak bisa seenaknya mengambil langkah dan perlu persetujuan dengan klub supaya tidak ada kesalahpahaman.

"Nah di sini, LIB undang atau edarkan surat bahwa dari mulai televisi, sponsor sudah menerima uang sekian-sekian. Umpamanya ada 1 miliar, sekarang baru memberikan 200 juta kasarnya. Itu semua harus dicatat, terbuka dan kirimkan ke semua klub dan komisaris," ujarnya.

"Jadi jangan ada yang diumpetin dan disimpan. Terbuka. Nanti kalau uang di perusahaan berapa, yang sudah janji diberikan berapa, disesuaikan dengan keadaan uang. Kalau uangnya sudah memadai, yang janji 520 juta ya kasihkan," tukasnya.

Artikel Tag: umuh muchtar, Persib, pt lib

617  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini