Toni Kroos Umumkan Pensiun dari Tim Nasional Jerman

Penulis: Rei Darius
Jumat 02 Jul 2021, 20:00 WIB
Toni Kroos mengumumkan pensiun dari timnas Jerman.

Toni Kroos pensiun dari timnas Jerman (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Gelandang bintang timnas Jerman, Toni Kroos, mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari tim nasional, setelah mencatatkan 106 caps untuk Der Panzer.

Sang gelandang Real Madrid masih beruia 31 tahun, namun merasa waktunya sudah tiba untuk mengakhiri pengabdian untuk tim nasional yang telah dibelanya sejak tahun 2010 silam.

Pertandingan terakhir Kroos untuk Die Mannschaft adalah ketika mereka takluk dengan skor 0-2 dalam pertandingan kontra Inggris di babak 16 besar Piala Eropa 2020, yang diselenggarakan pada hari Selasa (29/6) lalu di Wembley Stadium, London.

"Saya sudah bermain untuk Jerman dalam 106 pertandingan. Tidak akan ada lagi tambahan untuk ini," kata Kroos di media sosial Instagram.

"Saya memang mengharapkan, dan saya akan mengerahkan segalanya lagi, bahwa akan ada 109 pertandingan untuk tim nasional dan satu titel besar ini, Piala Eropa, yang ditambahkan pada akhir."

Tahun depan, ada turnamen Piala Dunia 2022 yang menunggu, namun Toni Kroos membeberkan bahwa dirinya telah mengambil keputusan ini sejak lama.

"Sejak lama, saya telah mengambil keputusan untuk pensiun setelah turnamen ini usai. Itu sudah jelas bagi saya untuk waktu yang lama bahwa saya tidak akan tersedia untuk Piala Dunia 2022 di Qatar," tambahnya.

"Utamanya karena saya fokus kepada tujuan-tujuan saya bersama Real Madrid selama beberapa tahun ke depan. Sebagai tambahan, mulai sekarang, saya akan secara sengaja memberikan waktu istirahat kepada saya sebagai pemain tim nasional setelah 11 tahun.

"Dan lebih jauh lagi sebagai seorang suami dan ayah, saya juga ingin menjaga istri dan tiga anak saya. Itu adalah suatu kebanggaan untuk bisa mengenakan jersey ini untuk waktu yang sangat panjang. Saya melakukannya dengan kebanggaan dan hasrat."

Kroos pensiun bertepatan dengan kepergian Joachim Low sebagai pelatih, yang akan digantikan oleh Hansi Flick setelah turnamen ini usai.

"Pada akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Jogi Low. Dia membuat saya seorang pemain tim nasional dan juara dunia. Dia percaya kepada saya. Kami mencatatkan sejarah untuk waktu panjang. Itu merupakan suatu kebanggaan bagi saya, dan semoga beruntung dan penuh kesuksesan kepada Hansi Flick."

Artikel Tag: Toni Kroos, Jerman, Real Madrid

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/toni-kroos-umumkan-pensiun-dari-tim-nasional-jerman
898  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini