Timnas Indonesia U-23 Dicukur Vietnam Pada Laga Perdana Sea Games

Penulis: Dayat Huri
Jumat 06 Mei 2022, 22:00 WIB
Timnas Indonesia U-23 telan kekalahan di laga perdana Sea Games

Timnas Indonesia U-23 telan kekalahan di laga perdana Sea Games/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Sea Games: Timnas Indonesia U-23 mendapat pelajaran berharga dari tim tuan rumah, Vietnam pada pertandingan Sea Games 2021, Jumat (6/5) malam WIB. Pada laga yang berlangsung di Stadion Viet Tri, Phu Tho itu, Garuda Muda dipaksa menyerah dengan skor telak 0-3.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu sebenarnya mengawali pertandingan dengan cukup baik. Mengandalkan trio gelandang Persib Bandung, Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya mereka tampil lebih dominan di awal laga.

Setelah 15 menit pertandingan berlangsung, Vietnam mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya dan mulai mengancam gawang timnas Indonesia U-23 yang dikawal Adi Satryo.

Kiper asal klub Persik Kediri itu bahkan dipaksa melakukan sejumlah penyelamatan gemilang untuk menghindarkan gawangnya dari kebobolan. Di sisi lain, trio lini serang Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, dan Irfan Jauhari justru dibuat kesulitan untuk dapat menembus perahanan ketat tim tuan rumah. Skuat Garuda Muda bisa dikatakan cukup beruntung karena mampu memaksakan hasil imbang dengan skor kacamata di paruh pertama.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah yang juga berstatus sebagai juara bertahan Sea Games 2019 lalu terus tampil menekan. Di sisi lain, pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong dengan memasukkan Syahrian Abimanyu untuk menggantikan Rachmat Irianto belum memberikan dampak positif untuk permainan timnas Indonesia U-23.

Vietnam akhirnya mampu mencetak gol pertama mereka di laga tersebut melalui aksi Linh Nguyen Tien pada menit ke-54. Menerima umpan dari sisi kiri, dia dengan mudah menceploskan bola ke gawang Adi Satryo sekaligus membawa timnya unggul 1-0.

Menyikapi gol tim lawan tersebut Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian dengan memasukkan Ronaldo Kwateh, Alfeandra Dewangga, dan Witan Sulaeman untuk menggantikan Irfan Jauhari, Firza Andika, dan Saddil Ramdani

Namun pergatian itu masih belum membuahkan hasil. Justru Vietnam yang berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-74' melalui aksi Dung Do Hung. Gol kedua tim lawan itu membuat mental Egy Maulana Vikri semakin terpuruk. Alhasil, pada menit ke-88', tuan rumah berhasil mencetak gol ketiganya melalui tendangan jarak jauh Do Le Van. Skor 3-0 berakhir untuk kemenangan tuan rumah.

Kekalahan itu membuat timnas Indonesia U-23 kini terpuruk di peringkat empat klasemen sementara grup A. Sementara Vietnam duduk di posisi runner up dengan koleksi tiga poin, kalah produktivitas gol dari Filipina yang duduk di posisi pertama.

Skuat Garuda Muda sendiri dijadwalkan melakoni pertandingan kedua grup A kontra Timor Leste pada Selasa, 10 Mei 2022 nanti. Kemenangan wajib diraih pada pertandingan itu untuk tetap menjaga peluang lolos ke babak semifinal Sea Games 2021.

Artikel Tag: timnas Indonesia U-23, Sea Games, Vietnam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-indonesia-u-23-dicukur-vietnam-pada-laga-perdana-sea-games
687  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini