Timnas Indonesia Mandul, Akankah Spasojevic Dapat Kesempatan?

Penulis: Dayat Huri
Kamis 02 Jun 2022, 12:00 WIB
Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic saat memperkuat timnas Indonesia

Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic saat memperkuat timnas Indonesia/foto dok net

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sepertinya masih belum menemukan sosok tepat sebagai ujung tombak untuk mendulang gol. Di pertandingan kontra Bangladesh, Rabu (1/6) malam, M. Rafli dan Dimas Drajad yang dipercaya secara bergantian tampil di lini serang sama-sama gagal membantu skuat Garuda membobol gawang lawan, pertandingan pun harus berakhir dengan skor kacamata.

Permasalahan utama yang dihadapi Shin Tae-yong sejak pertama menukangi timnas Indonesia adalah goal getter. Di Piala AFF, dia sempat mempercayakan lini depan kepada Kusehedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan. Hasilnya pun belum begitu memuaskan, keduanya sama-sama gagal menyarangkan gol pada turnamen antar negara Asean tersebut.

Selanjutnya, pada Sea Games Vietnam, beberapa waktu lalu dia bahkan hanya memboyong satu pemain yang berposisi sebagai penyerang murni, yaitu pemain 17 tahun asal klub Madura United, Ronaldo Kwateh.

Belum adanya sosok goal getter di skuat Garuda sepertinya masih akan jadi permasalahan utama yang mesti dipecahkan Shin Tae-yong. Pasalnya, timnas Indonesia akan segera menghadapi laga penting pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023, dimana Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan bakal menghadapi tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Dilihat dari pemain-pemain yang saat ini berkarir di sepak bola tanah air, sebenarnya ada satu pemain yang kemungkinan bisa jadi goal getter di tim merah putih. Dia adalah penyerang naturalisasi Bali United, Ilija Spasojevic. Meski usianya tak lagi muda, dia merupakan top skor Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 dengan torehan 23 gol. Selain finishing yang mematikan, Spasojevic juga memiliki kelebihan dalam hal duel-duel bola atas.

Dalam beberapa tahun terakhir, Spasojevic memang jadi salah satu pemain yang paling konsisten dalam hal mencetak gol. Tidak hanya tajam di kompetisi domestik, dia juga telah membuktikan ketajamannya di kompetisi Asia seperti AFC Cup. Sayangnya, sepanjang kepemimpinan Shin Tae-yong, penyerang dengan nomor punggung 9 di Bali United itu belum sekalipun dipercaya memperkuat timnas Indonesia. Akankah sekarang waktunya untuk Spasogol dan jadi tombak utama skuat Garuda? Shin Tae-yong tentunya jadi sosok yang harus menjawab pertanyaan tersebut.

Artikel Tag: timnas Indonesia, Shin Tae-Yong, spasojevic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/timnas-indonesia-mandul-akankah-spasojevic-dapat-kesempatan
1308  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini