Tim Pelatih Persib Siapkan Alternatif Usir Kejenuhan Pemain

Penulis: M. Aldi
Sabtu 20 Jan 2024, 15:30 WIB
Asisten pelatih Persib, Yaya Sunarya

Asisten pelatih Persib, Yaya Sunarya

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Perjalanan Liga 1 2023/2024 menemui banyak masa jeda di pertengahan musim. Hal ini membuat tim pelatih Persib harus mempersiapkan formula program untuk membuat pemain tidak jenuh.

Saat ini liga sedang diliburkan hingga awal Februari mendatang. Setelah memainkan pekan ke-24, kompetisi akan kembali rehat selama dua pekan. Itu karena ada jadwal pemilihan umum dan pengamanan terfokus untuk kegiatan tersebut.

Yaya Sunarya selaku asisten pelatih Persib mengakui bahwa penting untuk menjaga kondisi mental pemain supaya tidak merasa jenuh. Hal ini menurutnya punya dampak yang penting untuk membuat performa Ciro Alves dan kawan-kawan tetap terjaga.

"Kita belum sampai membuat program setelah melawan Persis Solo. Tetapi tentu saja untuk menjaga mood, untuk menjaga grafik permainan, seperti merangsang mereka untuk tetap konsisten, seperti apa yang tadi disampaikan (kejenuhan), itu tentu akan jadi bahan pemikiran buat kita," tutur Yaya Sunarya pada awak media.

Menurutnya ada beberapa opsi yang dibuat oleh staf pelatih mengenai program latihan Persib. Selain menyiapkan agenda game internal atau uji coba untuk memberikan simulasi bertanding, ada juga alternatif lainnya.

Salah satunya membawa pemain pergi untuk menjalani kegiatan di luar latihan reguler. Agenda outbound menurutnya bisa saja jadi pilihan lantaran selain menghilangkan kejenuhan, bisa membuat tim semakin kompak.

"Mungkin seperti kita lakukan outbound atau mencari apa yang pernah Miro (Petric) sampaikan sebelumnya seperti ada beberapa fun game, yang kita buat untuk meningkatkan solidaritas tim supaya tetap terjaga," kata Yaya melanjutkan.

Pria yang dasarnya merupakan pelatih fisik ini juga bicara soal kondisi pemain di awal periode latihan setelah libur tiga pekan. Menurutnya memang program latihan berat yang difokuskan untuk fisik kini yang digenjot.

Kondisi ini tentu akan membuat pemain kelelahan dan membuat tubuhnya secara alami pegal-pegal. Tapi ini hanya pengorbanan di awal dan ke depannya jadi modal untuk mengarungi sisa musim kompetisi.

"Pasti pemain akan mengalami sedikit (pegal-pegal), karena ini pembentukan dan pastinya pegal-pegal di otot, kemudian sedikit berat untuk berjalan. Tetapi kita akan continue sampai di pertengahan menjelang pertandingan di tanggal 4 (Persis Solo). Jadi kita coba ganti programnya tapi untuk program fisik dan porsi traning-nya kita turunkan," tukasnya.

Artikel Tag: Persib, Yaya Sunarya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tim-pelatih-persib-siapkan-alternatif-usir-kejenuhan-pemain
589  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini