Thailand Kembali Jadi Momok, Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Final Sea Games

Penulis: Dayat Huri
Kamis 19 Mei 2022, 23:30 WIB
Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Thailand 0-1 di semifinal Sea Games Vietnam 2021

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Thailand 0-1 di semifinal Sea Games Vietnam 2021/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Sea Games: Impian timnas Indonesia U-23 untuk dapat meraih medali emas pada Sea Games Vietnam 2021 dipastikan kembali pupus, setelah pada pertandingan semifinal dipaksa menyerah dengan skor 0-1 oleh Thailand melalui babak perpanjangan waktu di Stadion Thien Truong, Hanoi, Kamis (19/5).

Kekalahan ini membuat Garuda Muda kembali gagal mengulang kesuksesan pada 1991 di Sea Games Manila. Saat itu Indonesia menang 4-3 atas Thailand melalui adu penalti. Sejak pertama kali ikut serta di Sea Games pada 1977, Indonesia telah 23 kali menghadapi tim Gajah Putih tersebut.

Dari 23 pertemuan tersebut, skuat Garuda kerap tak berkutik dan hanya meraih enam kemenangan yang tiga di antaranya didapat lewat adu penalti. Sementara tim lawan sukses merengkuh 15 kemenangan, dan dua laga sisa berakhir imbang.

Pada laga semifinal tersebut, Shin tae-yong melakukan sejumlah perubahan pada susunan pemain. Dia memilih Rachmat Irianto mengisi posisi bek sayap kanan menggantikan Asnawi Mangkualam. Sementara itu, Marselino Ferdinan dipercaya bermain sebagai starter. Dia dipasangkan bersama duo Persib Bandung Marc Klok dan Ricky Kambuaya untuk mengawal lini tengah .

Di babak pertengahan babak kedua, stamina timnas Indonesia U-23 sempat kedodoran. Shin Tae-yong kemudian memasukkan Syahrian Abimanyu, Ronaldo Kwateh, dan Muhammad Ridwan.

Meski sama-sama menciptakan sejumlah peluang dalam 90 menit, kedua tim sama-sama gagal menciptakan gol, sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, gawang Ernando Ari harus dibobol oleh Weerathep Pomphun menit ke-95'. Pertandingan semakin berjalan panas pada babak kedua perpanjangan waktu. Wasit memberikan kartu kuning kedua pada pemain Thailand William Weidersjo karena melakukan pelanggaran.

Unggul jumlah pemain tak mampu dimaksimalkan dengan baik. Justru timnas Indonesia U-23 harus kehilangan Firza Andika yang mendapatkan kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran berbahaya. Pelanggaran itu sempat membuat keributan antara kedua pemain. Wasit kemudian memberikan kartu kuning kedua pada Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan.

Artikel Tag: thailand, Sea Games, timnas Indonesia U-23, Shin Tae-Yong

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/thailand-kembali-jadi-momok-timnas-indonesia-u-23-gagal-ke-final-sea-games
660  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini