Teco: Sepak Bola Seharusnya Adalah Hiburan Buat Suporter

Penulis: Dayat Huri
Senin 03 Okt 2022, 22:30 WIB
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco/foto dok Bali United

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih kepala Bali United, Stefano Cugurra Teco menyayangkan peristiwa duka yang mengakibatkan ratusan suporter meninggal dunia pada tragedi pekan ke-11 Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam lalu.

Menurut dia, itu bukan kejadian menggenaskan pertama yang menimpa sepak bola tanah air. Meninggalnya suporter akibat sepak bola juga sudah pernah terjadi di turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 lalu.

"Situasi sangat buruk buat nama sepak bola Indonesia di dunia. Tahun ini di Piala Presiden sudah meninggal dua suporter dari Persib. Belum ketemu solusi buat organisasi di dalam sama di luar stadium untuk lebih bagus buat tidak terjadi lagi," ujar Teco seperti dilansir laman resmi klub Bali United.

Peristiwa yang memakan korban jiwa di sepak bola Indonesia ini menjadikan sejarah kedua berdarah di dunia. Total terbesar yang memakan korban dari suatu kompetisi sepak bola terjadi pada 24 Mei 1964 yang terjadi di stadion Estadio Nacional, Lima, Peru yang menewaskan 328 korban jiwa.

Teco yang pernah menangani Persebaya Surabaya awal kariernya di Indonesia mengakui bila seharusnya suporter datang untuk mendapat hiburan bukan ancaman. Apalagi kehilangan nyawa yang meninggalkan keluarga di rumah.

"Sepak bola seharusnya adalah hiburan buat suporter yang datang buat nikmati pertandingan dan selesai pertandingan pulang ke rumah dengan aman," jelasnya.

Pelatih yang sukses meraih tiga trofi Liga 1 Indonesia dalam tiga musim beruntun itu berharap agar semua suporter tim sepak bola yang ada di Indonesia lebih dewasa. Ia menyadari bila hasil sepak bola adalah tiga hasil yang harus diterima.

"Harapan untuk semua suporter lebih dewasa. Datang ke stadium cuma buat nikmati pertandingan dan balik semua ke rumah dengan aman. Suporter harus bisa terima tiga hasil yang ada di dalam sepak bola yaitu menang, seri, atau kalah," pungkas Teco.

Artikel Tag: Teco, Liga 1, Bali United, arema fc, Persebaya Surabaya

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/teco-sepak-bola-seharusnya-adalah-hiburan-buat-suporter
696  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini