Teco Harapkan Piala Indonesia Kembali Bergulir, Ini Alasannya

Penulis: Dayat Huri
Selasa 09 Mei 2023, 13:00 WIB
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco/foto dok Bali United

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco berharap turnamen Piala Indonesia kembali dapat digulirkan musim depan. Menurut dia, dengan makin banyaknya pertandingan maka kesempatan tampil untuk seluruh pemain, termasuk pemain lokal akan semakin terbuka.

Seperti diketahui, PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator resmi kompetisi tengah menggodok rencana penambahan kuota pemain asing untuk Liga 1 Indonesia musim depan, masing-masing klub diwacanakan dapat memakai 5+1 pemain asing. Hal itu menyesuaikan dengan regulasi AFC dan Liga 1 agar bisa lebih bersaing di kompetisi kancah Asia.

Khusus untuk Bali United, komposisi 5+1 pemain asing sudah akan diberlakukan pada babak play off perebutan tiket ke Liga Champions Asia 2023/2023 kontra PSM Makassar.

Apabila memang kuota 5+1 pemain asing diberlakukan untuk musim depan diberlakukan, maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap menit bermain pemain lokal.

Karena itu, Teco menilai bahwa kembali menggulirkan kembali Piala Indonesia, seperti lazimnya negara-negara lain yang memiliki beberapa kompetisi dalam satu musim berjalan. Hal itu pun mengharuskan setiap klub menjalani cukup banyak pertandingan setiap musim yang tentunya juga akan berpengaruh terhadap banyaknya pemain yang diturunkan.

"Musim sebelumnya, setiap klub di Liga 1 hanya menjalankan kompetisi liga dan Piala Presiden sebagai ajang pramusim awal musim,” terang Coach Teco.

"Menurut saya dari tahun ke tahun sebelumnya, Indonesia masih kurang kompetisi. Lebih bagus ada Piala Presiden, Liga 1 sama Piala Indonesia karena banyak negara lain punya minimal 3 kompetisi yang terlaksana," kata Teco seperti dilansir laman resmi klub.

Pasca berakhirnya musim kompetisi musim, Bali United telah melepas 10 pemain terbaiknya. Hingga jelang menjalani latihan perdana 15 Mei 2023 mendatang, Bali United belum mengumumkan pemain yang melanjutkan kontrak dan pemain baru dalam skuat Serdadu Tridatu.

Jika ada penambahan kompetisi seperti Piala Indonesia yang pernah dilaksanakan pada musim 2018/2019, maka para pemain lokal yang tergerus oleh kehadiran pemain asing di liga akan tetap memiliki menit bermain.

"Lebih baik ada banyak pertandingan buat ada kesempatan lebih untuk para pemain. Selain itu suporter dan tim memiliki kesempatan meraih piala di beberapa kompetisi yang terlaksana tersebut," pungkasnya.

Artikel Tag: Teco, Liga 1, Bali United

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/teco-harapkan-piala-indonesia-kembali-bergulir-ini-alasannya
4127  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini