Tanggapan Robert Terkait Keputusan Penundaan Kick Off Liga 1

Penulis: M. Aldi
Kamis 01 Jul 2021, 22:45 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Keputusan sudah diambil PSSI dan PT. LIB soal kick off Liga 1 2021/2022. Kompetisi kasta teratas sepakbola Indonesia itu ditunda hingga akhir Juli atau sambil berharap penyebaran virus covid-19 mereda. Robert Rene Alberts pun memberikan tanggapannya.

Pelatih Persib itu menilai tak perlu dilakukan penundaan apalagi setiap tim sudah bersiap selama lebih dari satu bulan di masa pramusim. Format kompetisi dan jadwal juga sudah dirancang dan dipersiapkan.

"Saya menemukan ini hal yang tak perlu terjadi terhadap kami semua yang terlibat di sepakbola. Saya tidak bisa menemukan adanya alasan logis dan terlihat tidak adanya rasa menghormati pada orang bekerja di sepakbola karena ketika semua sudah siap, seseorang bisa menghentikannya lagi," ujar Robert ketika diwawancara.

Kompetisi di Indonesia sudah terhenti sejak Maret tahun lalu ketika pandemi covid-19 menyerang. Tapi sudah satu tahun lebih liga belum kunjung digelar lagi, sedangkan negara-negara lain sudah sejak lama kompetisinya kembali bergeliat. Robert pun menilai Indonesia bisa mengawali lagi liga sambil hidup berdampingan dengan covid-19 dan menggelar laga di bawah protokol kesehatan yang ketat.

"Ini bukan hal baik, tidak sopan dan tidak profesional. Jika melihat situasi covid saat ini dan juga saat liga dihentikan pada Maret 2020 lalu karena covid, itu tidak pernah berubah di Indonesia dan di seluruh dunia. Namun setelah itu, seluruh dunia mulai bermain sepakbola lagi dengan situasi khusus tapi indonesia tak mengikutinya," kata dia.

Titik terang soal bergulirnya lagi kompetisi sempat muncul dan dijadwalkan mentas pada 9 Juli. Persib sendiri akan menghadapi Barito Putera di pekan pertama yang dimainkan pada 10 Juli. Namun ada keputusan terbaru bahwa kick off harus ditunda lagi dan itu cukup memukul dia dan tim.

"Sepakbola tiba-tiba ditunda satu pekan sebelum dimulai, kami seharusnya bertanding melawan Barito pada 10 juli. Ini sebuah kehilangan besar dan juga sangat sulit untuk diterima karena kami sudah mengikuti semua protokol dan tanggung jawab untuk memperhatikan klubnya," katanya.

Pelatih asal Belanda ini mengambil contoh gelaran Euro 2020. Bukan hanya pertandingan bisa digelar, tribun pun sudah boleh diisi dan bahkan ada stadion yang membolehkan seluruh kursi ditempati. Ketika ada pemain yang terpapar virus, dia akan dikarantina dan ada prosedur yang sudah disiapkan.

Sedangkan Indonesia sudah lebih dari satu tahun belum memulai lagi kompetisi. Padahal sudah ada turnamen Piala Menpora 2021 yang digelar beberapa bulan lalu dan jadi proyek simulasi menyelenggarakan laga dengan protokol kesehatan ketat.

"Indonesia menjadi satu-satunya negara yang harus lebih dulu menjalani turnamen agar bisa mendapat izin memulai liga. Dan kami pun mengikutinya sebagai bentuk dukungan kepada sepakbola Indonesia," ujar pelatih 66 tahun ini.

"Kami jadi satu-satunya negara di Asia yang sudah lebih dari satu tahun tidak bermain sepakbola tapi kami tetap setia kepada Persib dan sepakbola indonesia. Tentu saja saya sangat kecewa karena liga masih belum bisa dimulai seperti yang sudah disepakati dan diizinkan sebelumnya," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tanggapan-robert-terkait-keputusan-penundaan-kick-off-liga-1
448  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini