Tanggapan Kemenpora RI Dalam Sidang Gugatan PSSI

Penulis: Hendy
Selasa 09 Jun 2015, 13:33 WIB
Tanggapan Kemenpora RI Dalam Sidang Gugatan PSSI

Tanggapan Kemenpora RI Dalam Sidang Gugatan PSSI

Ligaolahraga.com -

Jakarta – Sidang lanjutan gugatan PSSI terhadap Kemenpora RI terkait surat keputusan Menpora RI nomor 01307, telah digelar kembali di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, pada Senin (8/6) kemarin.

 

Agenda pada sidang tersebut adalah mendengarkan jawaban dari pihak tergugat (duplik), dalam hal ini Kemenpora. Dalam dupliknya, Kemenpora menilai PSSI melanggar statutanya sendiri dengan melakukan gugatan ke PTUN.

 

Pihak Kemenpora menjelaskan, Statuta PSSI yang dilanggar adalah Pasal 70 ayat 1 yang berbunyi; “PSSI, Anggota, Pemain, Ofisial, serta Agen pemain dan Agen pertandingan tidak diperkenankan mengajukan perselisihan ke Pengadilan Negara dan badan arbitrase lainnya serta alternatif penyelesaian sengketa lainnya kecuali ditentukan dalam Statuta ini dan peraturan-peraturan FIFA. Setiap sengketa harus diajukan kepada yurisdiksi FIFA dan yurisdiksi PSSI.”

 

Berikut adalah tanggapan Kemenpora RI mengenai sidang tersebut, yang dituliskan melalui akun sosial media Twitter, @kemenporaid ; 

 

"PSSI tak membantah bahwa gugatan PSSI kepada Kemenpora RI ke PTUN adalah pelanggaran statuta PSSI sendiri," tulis Kemenpora, melalui akun twitter resminya @kemenporaid (8/6).

 

"Gugatan PSSI atas SK Menpora RI No.01307 kepada Kemenpora RI adalah pelanggaran Statuta PSSI sendiri," kicau lanjutan pada @kemenporaid .

 

"Menurut UU dan kelaziman organisasi, setelah terpilih ada tahapan lagi yakni pengesahan kepengurusan oleh Kemenkumham RI. Kepengurusan Sdr. La Nyalla Mattalitti belum disahkan Kemenkumham RI, belum serah terima, belum dilantik KONI sebagai induk organisasi."

 

"Sampai 8 Jun 2015 kepengurusan Sdr. La Nyalla Mattalitti belum disahkan, belum dilantik, belum serah terima. Gugatan Sdr. La Nyalla Mattalitti adalah tindakan pribadi. Bukan mewakili badan hukum PSSI sehingga ilegal."

 

"PSSI organisasi masyarakat keolahragaan dan kepengurusannya bersifat 'kolektif kolegial'. Keputusan harus libatkan semua unsur. Sdr. La Nyalla Mattalitti menggugat Kemenpora RI tanpa persetujuan dari pengurusan lain. Sehingga tidak sah mengatasnamakan PSSI."

 

"Keputusan Tata Usaha Negara 17 April 2015, 'adressat' hukumnya tertuju kepada Ketum PSSI Sdr. Djohar Arifin dan Sekjen Joko Driyono. Sesuai ketentuan TUN 17 April 2015, Sdr. La Nyalla Mattalitti tidak berwenang ajukan gugatan ke PTUN."

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/tanggapan-kemenpora-ri-dalam-sidang-gugatan-pssi
461  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini