Stadion Tottenham Hotspur Raih Penghargaan Arsitektur Tingkat Nasional

Penulis: Vina Enza
Kamis 09 Sep 2021, 20:43 WIB
Stadion Tottenham memenangkan penghargaan arsitektur

Tottenham Hotspur Stadion

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Stadion Tottenham Hotspur yang berkapasitas 63.000 tempat duduk dikabarkan memenangkan penghargaan di bidang arsitektur. Stadion kebanggaan klub London utara tersebut merupakan salah satu dari 54 pemenang Penghargaan Nasional Royal Institute of British Architects (RIBA) tahun ini.

Tottenham Hotspur stadium yang pertama kali digunakan menyelenggarakan pertandingan Premier League pada April 2019 lalu memenangkan Penghargaan Nasional yang dianugerahkan oleh RIBA di 2021 ini. Penghargaan tersebut diberikan kepada desain arsitektur bangunan baru terbaik di Inggris Raya dan yang memberikan wawasan dalam tren desain dan ekonomi menurut RIBA seperti dilansir BBC.

Arena tersebut dipuji sebagai ‘kekuatan dalam desain stadion’, sedangkan para juri memujinya dengan kalimat “memberikan pengalaman yang tak tertandingin bagi berbagai macam pengguna dalam rangkaian bangunan di dalamnya“ serta dan memuji lokasinya. Mereka mengatakan: “Uniknya ini terletak di jalanan tinggi, membantu untuk menanamkannya dalam komunitas lokal.”

Dalam pembangunan stadion tersebut Spurs menggelontorkan dana hingga 1 Miliar Poundsterling dan merupakan lapangan terbesar yang dimiliki oleh klub di London dan merupakan yang kedua setelah stadion Old Trafford milik Manchester United di Premier League.

Christopher Lee yang mendesain stadion tersebut sebelumnya menjelaskan bagaimana ia ingin ini menjadi jantung dalam komunitas. Sedangkan dalam istilah olah raga, ia mengatakan ia mencoba menciptakan “stadion dengan tempat duduk yang paling luar biasa, dipenuhi atmosfer, mengintimidasi di mana anda bisa bermain sepak bola di dalamnya”.Ia juga mengatakan ingin menciptakan sebuah “megaphone raksasa” untuk menyampaikan suara dan lagu-lagu dan teriakan dan ambisai ini menginspirasi desain stadion.

Klub London utara sebelumnya bermain di White Hart Lane selama 118 tahun lamanya sebelum dihancurkan pada 2017.

Artikel Tag: Tottenham, RIBA, arsitektur

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/stadion-tottenham-hotspur-raih-penghargaan-arsitektur-tingkat-nasional
640  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini