Spanyol Susah Payah Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti

Penulis: Rei Darius
Sabtu 03 Jul 2021, 02:07 WIB
Spanyol berhasil melenggang ke babak semifinal usai menang adu penalti kontra Swiss.

Spanyol singkirkan Swiss lewat adu penalti (Image: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Eropa: Spanyol berhasil melenggang ke babak perempat final Piala Eropa 2020 dengan mengalahkan Swiss lewat adu penalti dengan skor 3-1, lantaran laga berakhir dengan skor 1-1 selama 120 menit di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Jumat (2/7) malam WIB.

Laga baru berjalan delapan menit, Spanyol sudah unggul setelah sepakan voli Jordi Alba dalam situasi sepak pojok berbelok karena tersentuh oleh Denis Zakaria, yang membuat kiper Yann Sommer tak berkutik untuk menghentikannya.

Silvan Widmer melanggar Alvaro Morata di dekat kotak penalti dan Swiss harus bertahan menghadapi tendangan bebas di daerah berbahaya. Beruntung, eksekusi Koke masih berada sedikit di atas gawang kawalan Sommer.

Cesar Azpilicueta baru mencetak gol perdananya untuk timnas senior pada kemenangan 5-3 atas Kroasia di babak 16 besar, dan ia hampir mendapat gol keduanya pada laga ini, namun tandukannya ditangkap dengan baik oleh Sommer.

Di awal babak kedua, Xherdan Shaqiri berusaha mengeksekusi bola sepak pojok langsung ke gawang, karena melihat celah kiper Unai Simon yang terlalu maju. Namun bola hanya berakhir di sisi samping gawang.

Zakaria hampir menebus dosanya usai mencetak gol bunuh diri, ketika menyambut umpan sepak pojok Ricardo Rodriguez. Namun tandukan dari sang gelandang Borussia Monchengladbach masih sedikit melebar dari gawang Simon.

Rossocrociati kembali mengancam. Steven Zuber bergerak di sisi kiri lini serang dan bekerja sama dengan Ruben Vargas, yang kemudian mengirim umpan terobosan balik kepadanya. Zuber berhasil menyambutnya, namun masih terlalu lemah dan Simon berhasil menepisnya.

Upaya dari anak-anak asuhan Vladimir Petkovic akhirnya berbuah gol pada menit ke-68. Kesalahan Aymeric Laporte dan Pau Torres untuk menyapu bola berujung kepada peluang yang dimiliki oleh Remo Freuler. Sang gelandang Atalanta kemudian memberikannya kepada Shaqiri, yang sukses dengan mudah menjebol gawang Simon dengan mengirim bola ke pojok bawah kiri gawang.

Namun Freuler diusir wasit Michael Oliver dengan kartu merah langsung, setelah melakukan tekel terhadap Gerard Moreno.

Tak ada gol yang tercipta lagi hingga waktu normal habis dan kedua tim pun harus kembali melakoni perpanjangan waktu, seperti ketika mereka melalui babak 16 besar.

Dengan keunggulan jumlah pemain, Spanyol memiliki banyak kans untuk mengembalikan keunggulan skor. Namun kegemilangan Sommer di bawah mistar gawang meredam tembakan-tembakan dari Jordi Alba, Gerard Moreno, dan Mikel Oyarzabal.

Jordi Alba mengirim umpan berbahaya ke muka gawang, dengan Marcos Llorente berada dalam posisi yang tepat untuk menyambutnya. Namun tembakan dari sang gelandang Atletico Madrid dicegah dengan baik oleh tekel Rodriguez.

Laga dilanjutkan ke adu penalti karena skor 1-1 masih bertahan setelah 120 menit. Tiga penendang pertama dari masing-masing tim hanya mampu melesakkan satu gol, dengan Simon dan Sommer sama-sama memamerkan keahliannya dalam menggagalkan penalti. Hingga akhirnya Gerard Moreno berhasil menunaikan tugasnya, selagi Ruben Vargas menembak bola ke belakang gawang. Oyarzabal menjadi algojo terakhir Spanyol dan memastikan Swiss pulang dari Piala Eropa 2020.

Hasil pertandingan Piala Eropa 2020

Swiss 1-1 Spanyol — (Xherdan Shaqiri 68'; Denis Zakaria [bd] 8')

Kartu merah: Remo Freuler (SUI) 78'

Susunan Pemain

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Elvedi, Akanji, R. Rodriguez; Widmer (Mbabu 100'), Zakaria (Schar 101'), Freuler, Zuber (Fassnacht 90'); Shaqiri (Sow 82'), Embolo (Vargas 23'); Seferovic (Gavranovic 82').

Spanyol (4-3-3): Simon; Azpilicueta, Laporte, P. Torres (Thiago 113'), Jordi Alba; Koke (M. Llorente 90'), Busquets, Pedri (Rodri 119'); F. Torres (Oyarzabal 91'), Morata (G. Moreno 55'), Sarabia (Olmo 46').

Artikel Tag: Spanyol, Swiss, Piala Eropa 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/spanyol-susah-payah-singkirkan-swiss-lewat-adu-penalti
585  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini