Spanyol Ditaklukkan Ukraina, Kekalahan Perdana La Roja di Liga Negara

Penulis: Vina Enza
Rabu 14 Okt 2020, 06:12 WIB
Spanyol ditaklukkan Ukraina 1-0

Aksi timnas Spanyol vs Ukraina di Olympic stadium (foto:epa)

Berita Liga Negara: Spanyol menelan kekalahan pertama di Liga Negara UEFA 2020/21 saat ditaklukkan tuan rumah Ukraina 1-0 di pertandingan yang berlangsung Selasa (13/10) malam waktu setempat di Kiev Olympic Stadium.

Setelah membungkam Swiss dengan skor tipis pada Sabtu lalu, lini serang La Roja terlihat melempem dan membuat Ukraina mampu mencuri gol di menit akhir melalui Viktor Tsygankov, namun demikian hasil tersebut tidak menggoyahkan posisi Spanyol di puncak klasemen Grup Empat setelah peringkat dua, Jerman ditahan imbang 3-3 oleh Swiss.

Pelatih Luis Enrique memilih untuk menjadikan duo penyerang muda, Adama Traore dan Ansu Fati untuk bergabung dengan Rodrigo, sementara Jesus Navas dan Sergio Reguilon dioperasikan di bagian sayap.

Peluang emas pertama dicatatkan oleh Spanyol, setelah Navas mengirimkan umpan silang pada Rodrigo yang menghujamkannya ke gawang akan tetapi mampu ditepis oleh kiper tuan rumah Heorhiy Buschan, beberapa menit kemudian Buschan lagi yang sukses menahan tembakan Sergio Ramos.

Secara keseluruhan La Roja mengalami kesulitan menembus pertahanan Ukraina, terutama melalui sayap karena Traore dan Fati tidak mampu menciptakan kerjasama yang apik. Luis Enrique membuat pergantian pertama setelah turun minum dengan Dani Ceballos yang menggantikan Mikel Merino.

Sedangkan tuan rumah bermain dengan lebih banyak energi dan membuat tim tamu kewalahan meladeni serangan balik mereka, mungkin tidaklah mudah bagi tim di awal babak kedua, Luis Enrique kemudian mengganti Fati dengan Ferran Torres sementara Mikel Oyarabal menggantikan Rodrigo.

Pergantian tersebut mengembalikan momentum La Roja dan Rodri nyaris membuka gol melalui sepakan jarak jauhnya akan tetapi amsih melabar. Serangan berikutnya saat Dani Olmo bekerja sama dengan Sergio Canales yang mengirimkan umpan matang pada Ferran Torres akan tetapi masih bisa dihalau oleh Bushcan.

Saat Spanyol nampaknya akhirnya bisa melakukan terobosan, tuan rumah membalikkan kedudukan, Andiy Yarmolenko mengirimkan umpan pada Tsyagankov yang sukses mengekseskusinya untuk menjebol gawang David de Gea dengan tembakan geledeknya yang tak kuasa dibendung sang kiper sehingga membawa Ukraina unggul 1-0.

La Roja berharap bisa menyeimbangkan kedudukan akan tetapi peluang terakhir melalui tendangan voli Sergio Ramos masih melambung ke atas mistar gawang sehingga membuat pasukan Luis Enrique pulang tanpa poin.

Data Pertandingan

1.- Ukraine: Bushchan; Karavaev, Zabarnyi, Mykolenko, Sobol; Sydorchuk (Kovalenko, min. 61), Makarenko, Shaparenko; Yarmolenko, Yaremchuk, Zubkov (Tsygankov, min. 65).

0.- Spain: De Gea; Jesus Navas, Ramos, Pau Torres, Reguilon; Rodri, Canales, Merino (Ceballos, min. 46); Adama, Rodrigo (Oyarzabal, min. 58), Ansu Fati (Ferran Torres, min. 58).

Gol: 1-0, min. 76: Tsygankov

Wasit: Pawel Gil (Polandia).

Kartu kuning: Tidak ada

Kartu Merah: Tidak ada

Stadion: Olympic

Penonton: 10,000

Artikel Tag: Spanyol, Ukraina, Luis Enrique

2330  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini