Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia U-19 Butuh Pemain Naturalisasi

Penulis: Dayat Huri
Kamis 21 Jul 2022, 04:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Ligaolahraga.com -

Berita Timnas Indonesia: Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengakui bahwa skuat Garuda Nusantara yang tengah dipersiapkan untuk tampil pada event bergengsi Piala Dunia U-20 2023 nanti butuh tambahan pemain naturalisasi yang sudah benar-benar dalam kondisi siap.

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong pada saat rapat evaluasi terkait hasil yang didapat timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19, beberapa waktu lalu. Di kesempatan tersebut, dia juga diminta untuk memaparkan program kerja dari timnas.

"Khusus untuk tim U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun," kata pelatih asal Korea Selatan itu seperti dilansir dari laman resmi klub.

Menurut dia, skuat timnas Indonesia U-19 masih kekurangan pemain untuk beberapa posisi, mulai dari posisi stoper, bek kiri dan kanan, pengatur serangan (untuk melapis Marselino), dan gelandang bertahan yang sempat dipercayakan kepada Arkhan Fikri, meski cukup puas dengan penampilan pemain kelahiran 28 Desember 2004 tersebut, Shin Tae-yong melihat bahwa posturnya tidak cukup mendukung untuk dapat bersaing dengan pemain-pemai luar negeri yang sebagian besar memiliki postur tinggi.

"Skill juga bagus, tetapi tingginya kurang. Saat tampil di Piala Dunia U-20, kita akan menghadapi tim dengan postur yang tinggi-tinggi dan kekar. Jadi tentu di tim ini butuh pemain baru termasuk pemain naturalisasi," jelas dia.

Eks pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 it juga menyoroti rasa kurang percaya diri pemain ketika menghadapi tim-tim yang lebih kuat. Hal itu harus diperbaiki karena saat Piala Dunia U-20, timnas Indonesia U-19 akan menghadapi tim-tim kuat dari Eropa, Amerika Latin, maupun Asia.

"Saya harus akui percaya diri tim ini kurang pada awalnya termasuk mental khususnya menghadapi tim-tim besar. Tetapi, perlahan pemain mulai bisa mengatasi masalah ini. Anda lihat di Piala AFF, mental itu mulai bisa teratasi dan itu harus terus dipertahankan saat menghadapi tim besar," imbuh pelatih berusia 52 tahun itu.

Artikel Tag: Shin Tae-Yong, timnas Indonesia u-19, Piala Dunia U-20

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/shin-tae-yong-sebut-timnas-indonesia-u-19-butuh-pemain-naturalisasi
840  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini