Shin Tae-yong Kambinghitamkan Wasit Usai Timna Takluk Dari Vietnam

Penulis: Dayat Huri
Selasa 08 Jun 2021, 18:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong/foto dok pssi

Berita Timnas Indonesia: Kekalahan timnas Indonesia dengan skor 4-0 dari Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6) malam dinilai Shin Tae-yong lebih dikarenakan sejumlah keputusan kontroversial wasit yang menguntungkan tim lawan.

Dari sisi permainan, skuat Garuda sebenarnya sudah tertekan sejak awal laga, Evan Dimas dan kawan-kawan cukup beruntung menutup paruh pertama dengan skor imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, tim lawan tampil agresif dan sukses mencetak gol pertama lewat Nguyen Tien Linh oada menit ke-51. Sebelas menit kemudian, tepatnya di menit ke-62, Nguyen Quang Hai mencetak gol kedua.

Lima menit berselang, kembali bola bersarang di gawang Nadeo Arga Winata, kali ini gol di menit ke-67 itu dicetak oleh Nguyen Cong Phuong. Vu Van Thanh menutup pesta gol Vietnam di menit ke-74, sekaligus mengunci kemenangan 4-0.

"Para pemain sudah bekerja keras, saya ucapkan selamat kepada pelatih Vietnam, sampai babak pertama skor imbang, tetapi suasana tiba-tiba berganti oleh pihak wasit. Saya adalah pelatih yang pernah mengalami Piala Dunia 2018, jadi kenapa bisa skornya jauh yang seharusnya tidak, dan AFC juga mungkin harus cek ulang untuk ini, agar kedepannya tidak terulang lagi hal seperti ini," kata Shin Tae-yong seperti dilansir laman resmi pssi.

Menurutnya, yang terjadi di pertandingan itu mengubah cara permainan timnya di laga tersebut.

"Jadi yang terjadi di babak kedua, kemasukan gol pertama itu memang dari wasit, dan hakim garis memang salah mengambil keputusan, karena itu pasti kena tangan pemain Vietnam, jadi karena itu jalannya pertandingan otomatis jadi susah bagi kami," jelasnya.

"Setelah kemasukan tiga gol pun sebenarnya juga seharusnya kita mendapatkan penalti, tapi karena tidak dapat jadi alur laga makin ke lawan, jadi kita tidak bisa mengembangkan permainan, akhirnya mengalami kekalahan."

"Iya, saya bicara terus soal wasit, karena bisa dilihat dari gol pertama yang seperti itu, dan akhirnya mempengaruhi jalannya pertandingan yang lebih berat ke Vietnam," pungkas dia.

Artikel Tag: Shin Tae-Yong, timnas Indonesia, Vietnam

354  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini