Seragam Timnas Ukraina di Piala Eropa 2020 Sulut Kemarahan Rusia

Penulis: Rei Darius
Selasa 08 Jun 2021, 06:00 WIB
Seragam timnas Ukraina ciptakan kontroversi di Rusia.

Seragam timnas Ukraina (Image: Twitter)

Berita Piala Eropa: Kostum timnas Ukraina di Piala Eropa 2020 menimbulkan kemarahan di Rusia, lantaran mereka menyertakan semenanjung Krimea yang menjadi sengketa di antara kedua negara.

Seragam baru yang diperuntukkan untuk turnamen Piala Eropa 2020 tersebut telah disetujui oleh UEFA untuk digunakan di turnamen kontinental tersebut, dengan Saint Petersburg bakal menjadi salah satu tuan rumah di babak perempat final terlepas dari adanya kemarahan dari pemerintahan Vladimir Putin.

Daerah Krimea dianeksasi oleh Rusia pada tahun 2014 namun masih dikenal sebagai bagian dari negara Ukraina oleh dunia.

Ukraina menyertakan sebuah gambar berkontur dari peta mereka, termasuk area Krimea dan juga daerah yang pro separatis Rusia, Donetsk dan Lugansk.

Sebagai tambahan, di belakang seragamnya, terdapat pekikan "Kemenangan untuk Ukraina!" yang dikenal sebagai salah satu slogan protes selama kejadian pada tahun 2014 yang membuat mantan presiden Viktor Yanukovych, yang dikenal kawan dari Rusia, digulingkan pada tahun itu.

Dalam pernyataan resminya, UEFA memberikan persetujuan kepada Ukraina untuk menggunakan seragam tersebut.

"Seragam dari tim nasional Ukraina dan juga tim-tim lainnya untuk pagelaran UEFA Piala Eropa 2020 telah disetujui, sebagaimana regulasi tentang peralatan yang digunakan," demikian pernyataan dari UEFA.

Selagi presiden Federasi Sepak Bola Ukraina (UAF), Andriy Pavelko, memberikan komentar mengenai keputusannya: "Kami percaya bahwa siluet Ukraina akan memberikan kekuatan kepada para pemain karena mereka akan berjuang untuk seluruh Ukraina."

Meskipun cukup banyak yang mengakui Krimea sebagai daerah kedaulatan Rusia, namun PBB dan mayoritas negara di seluruh dunia masih melihat daerah tersebut sebagai bagian dari Ukraina.

Timnas Ukraina dan Rusia dilarang untuk berada dalam satu grup untuk Piala Eropa 2020, karena perseteruan di antara keduanya. Negeri Beruang Merah akan berlaga di Grup B, selagi Si Kuning dan Biru akan bersaing di Grup C.

Artikel Tag: Ukraina, Piala Eropa 2020, Rusia

1029  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini