Sekretaris Persebaya Ungkap Keuntungan PSSI yang Memutuskan Liga 1 Digulirkan Oktober

Penulis: Dayat Huri
Senin 03 Agu 2020, 03:30 WIB
Sekretaris Persebaya Ungkap Keuntungan PSSI yang Memutuskan Liga 1 Digulirkan Oktober

Skuat Persebaya Surabaya di Liga 1 2020/foto dok Persebaya

Berita Liga 1 Indonesia: Sekretaris Persebaya Surabaya, Ram Surahman menilai PSSI memiliki keuntungan tersendiri karena memilih untuk memutar kembali lanjutan Liga 1 Indonesia 2020 mulai Oktober nanti.

Menurutnya, dengan sisa waktu yang masih cukup panjang, PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator resmi bisa belajar dari negara lain yang sudah terlebih dahulu memutar kompetisi domestiknya, seperti Korea Selatan dan Vietnam.

Malaysia juga berencana memulai liga pada 22 Agustus mendatang. Namun, jelang kompetisi, dua pemain Kuching FA dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

"Itu keuntungan. Jadi, PSSI bisa belajar dari kasus-kasus di negara yang kompetisinya sudah jalan. Apa kasus yang terjadi di sana? Kemudian, kalau terjadi di Liga 1, bagaimana solusinya? Harus dipikirkan," katanya, seperti dilansir laman Jawa Pos.

Pria yang pernah menjabat media officer Persebaya itu menambahkan, sampai sejauh ini belum ada gambaran yang jelas dari pihak federasi terkait protokol kesehatan yang nantinya diterapkan pada lanjutan Liga 1. Tapi PSSI sudah berjanji akan mengadakan pertemuan langsung dengan perwakilan 18 klub Liga 1 awal bulan ini.

"Ini bagus karena bertemu langsung. Dan kami harap semua masalah bisa klir di pertemuan itu," tambah Ram.

Manajemen Persebaya memang menunggu kejelasan sebelum bergerak. Selain protokol kesehatan, Ram sempat menyorot aturan gaji 50 persen. Hal itu bisa membuat klub dituntut ke FIFA jika ada pemain yang tidak terima. Karena itu, dia meminta jaminan dari federasi bahwa aturan gaji 50 persen tidak akan membahayakan klub di akhir musim nanti.

Jika semua dianggap sudah beres, tim bisa kembali melakukan latihan. Pelatih Persebaya Aji Santoso berharap latihan sudah bisa dilakukan pada pekan kedua Agustus. Hanya, pelatih 50 tahun itu pesimistis latihan bisa digelar di Surabaya. Apalagi, dia tahu bahwa Stadion Gelora Bung Tomo dan Gelora 10 November tengah direnovasi. "Makanya, ini (tempat latihan) juga jadi kendala. Masih kami cari jalan keluarnya," jelas Aji.

Artikel Tag: Liga 1, PSSI, Persebaya Surabaya

764  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini