Sebuah Yayasan Akan Dibentuk untuk Pastikan Dana Penjualan Chelsea Sampai ke Ukraina

Penulis: A Mahfuda
Rabu 18 Mei 2022, 10:29 WIB
Pemilik Chelsea, Roman Abramovich (Sumber: Getty)

Roman Abramovich (Sumber: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Mike Penrose, mantan kepala eksekutif UNCEF Inggris dan Soccer Aid, telah direkrut untuk mendirikan yayasan yang bakal diberi tanggung jawab menggunakan 2,5 miliar pounds (Rp44 triliun) hasil penjualan Chelsea untuk kepentingan korban perang di Ukraina.

Hal tersebut terjadi hanya beberapa jam setelah dilaporkan bahwa penjualan The Blues terancam gagal lantaran kurangnya jaminan dari Roman Abramovich untuk tak mendapatkan dana hasil penjualan dan ke mana dana tersebut akan pergi.

Menurut Mark Kleinman dari Sky News, Mike Penrose ditunjuk untuk bertanggung jawab mendirikan yayasan dalam mendistribusikan dana hasil penjualan Chelsea kepada para korban penyerangan Rusia ke Ukraina yang sudah berlangsung selama berbulan-bulan.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Penrose saat ini tengah berada di Ukraina Timur dan mengaku kepada Sky News jika dirinya belum pernah bertemu atau berbicara dengan Roman Abramovich sebelumnya.

Mantan kepala eksekutif UNICEF itu juga menyampaikan desakan agar politik dari pendirian yayasan baru tersebut dapat dihilangkan, sehingga sumbangan tersebut bakal bisa lebih bermanfaat bagi kehidupan jutaan orang.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Abramovich berperan dalam pembicaraan damai antara Rusia dan Ukraina pada tahap-tahap awal. Bahkan presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta langsung presiden AS, Joe Biden, untuk tak memberikan sanksi terhadap Abramovich demi memfasilitasi negosiasi damai mereka pada Maret lalu.

Saat mengumumkan penjualan CheIsea, Abramovich mengatakan bahwa seluruh dana akan disumbangkan kepada korban perang di Ukraina, namun langkah tersebut dipersulit oleh Pemerintah Inggris yang merasa tak yakin dengan perkataan tersebut karena tak ada jaminan bahwa Abramovich bakal menepati janjinya.

Artikel Tag: Chelsea

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/sebuah-yayasan-akan-dibentuk-untuk-pastikan-dana-penjualan-chelsea-sampai-ke-ukraina
670  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini