Sanksi Dicabut, Manchester City Boleh Berlaga di Liga Champions Musim Depan

Penulis: Rei Darius
Senin 13 Jul 2020, 16:33 WIB
Sanksi Dicabut, Manchester City Boleh Berlaga di Liga Champions Musim Depan

Sanksi Manchester City dicabut (Image: BBC)

Berita Liga Champions: Manchester City akan diperbolehkan untuk bermain di Liga Champions pada musim depan setelah sanksi larangan dua tahun yang dijatuhkan oleh UEFA dicabut oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Manchester City masih akan diwajibkan untuk membayar denda sebesar 10 juta euro (163 miliar rupiah), namun itu menurun dari hukuman awal sebesar 30 juta euro (491 miliar rupiah).

Pada bulan Februari lalu, badan sepak bola tertinggi Eropa (UEFA) menjatuhkan hukuman larangan tampil di pentas Eropa untuk The Citizens selama dua musim ke depan setelah terbukti melanggar peraturan Financial Fair Play.

Vonis tersebut berarti Manchester City tidak bisa bertanding di kompetisi Liga Champions ataupun Liga Europa, ditambah dengan hukuman denda sebesar 30 juta euro.

Namun sejak saat itu, klub raksasa Premier League tersebut telah menempuh jalur hukum untuk mengajukan banding dan hukuman mereka pun akhirnya dicabut oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada hari Senin (13/7) ini.

Dalam pernyataan UEFA, Manchester City dinilai melebih-lebihkan pendapatan sponsor dalam laporan keuangannya kepada UEFA yang terjadi pada periode tahun 2012 hingga 2016 lalu.

Namun menurut pertimbangan dari CAS, City tidak melakukan hal tersebut dan oleh karena itu, hukuman larangan berpartisipasi di Liga Champions atau Liga Europa pada dua musim ke depan pun dicabut.

"Manchester City FC tidak menyamarkan pendanaan ekuitas sebagai kontribusi sponsor namun memang gagal berkooperasi dengan otoritas UEFA," bunyi pernyataan resmi dari CAS.

CAS menekankan bahwa kebanyakan pelanggaran yang dilaporkan kepada Dewan Yudikasi dari Badan Pengendalian Finansial Klub (CFCB) sering kali terlewatkan atau tertunda. Namun CAS menilai bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh City tidak pantas dijatuhi hukuman larangan berpartisipasi di Liga Champions.

Financial Fair Play merupakan suatu aturan yang diterapkan oleh UEFA untuk menjaga keseimbangan kondisi keuangan klub-klub sepak bola Eropa dengan membatasi jumlah kerugian klub untuk satu periode waktu.

Dengan sanksi telah diangkat, maka Manchester City, yang telah mengamankan posisi kedua di Premier League musim ini, dipastikan bisa kembali beraksi di Liga Champions musim depan. Dan salah satu di antara Manchester United, Chelsea, dan Leicester City akan berlaga di Liga Europa jika menyudahi musim di peringkat kelima.

Artikel Tag: Manchester City, liga champions, UEFA, Premier League, CAS

543  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini