Roy Keane Jadi Sosok Kapten yang Belum Tergantikan di Manchester United

Penulis: Demos Why
Rabu 09 Sep 2020, 09:30 WIB
Roy Keane saat masih bermain bagi Manchester United.

Roy Keane (Foto: Mike Egerton/EMPICS)

Berita Sepakbola: Mantan striker Manchester United, Alan Smith, menilai hingga saat ini Setan Merah belum memiliki sosok pemimpin yang punya kharisma seperti Roy Keane. Pria asal Irlandia itu meninggalkan Setan Merah pada 2005 silam.

Roy Keane merupakan salah satu pemain legendaris Manchester United. Bukan hanya berstatus legenda, Keane nyatanya menjadi sosok kapten yang memiliki kharisma luar biasa yang mampu memimpin klubnya meraih era keemasan di bawah arahan Sir Alex Ferguson.

Setelah Keane meninggalkan Man United pada 2005 yang lalu, posisi sebagai kapten tim lantas dijabat silih berganti oleh Gary Neville, Nemanja Vidic, Wayne Rooney, Antonio Valencia, Ashley Young, dan terakhir Harry Maguire. Namun enam kapten MU tersebut diklaim Smith masih belum bisa menandingi kharisma yang dimiliki oleh Keane.

"Roy Keane, saya pikir dia merupakan sosok yang mungkin nyaris mustahil untuk digantikan baik sebagai pemain dan juga dari sisi karakter, terlebih di Man United. Saya sangat yakin hingga saat ini mereka masih belum menemukan sosok pengganti seperti dia, baik di ruang ganti atau di atas lapangan," ujar Smith dilansir dari Goal.

"Hampir mustahil untuk bisa meniru kepemimpinan Keane. Bagi saya pribadi, dia bukan hanya sosok pemimpin tapi salah satu gelandang terbaik di era Premier League," pungkasnya.

Klaim Smith sendiri nyatanya tak berlebihan. Pasalnya sepeninggal Keane, MU memang kehilangan satu sosok jenderal di lapangan tengah mereka. Paul Scholes sendiri memang masih berada di United hingga 2013, namun perannya justru lebih bermain ke dalam. Bahkan sejak Michael Carrick memutuskan pensiun, Setan Merah kerap kesulitan mencari sosok pemain tengah yang mumpuni.

Pada 2016 yang lalu, Manchester United mendatangkan Paul Pogba dengan harapan bisa menjadi pengganti bagi Roy Keane. Namun performa yang pemain hingga saat ini belum sesuai dengan ekspektasi klub dan penggemar lantaran kerap tampil tak konsisten. Di tahun berikutnya, MU mendatangkan Nemanja Matic dari Chelsea. Meski bisa memberikan keseimbangan di lini tengah timnya, namun Matic tak lagi muda karena sudah berusia 32 tahun.

Di musim panas tahun ini, MU mendatangkan Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam yang kerap bermain sebagai gelandang box-to-box, sama seperti peran yang dijalankan oleh Keane. Namun pertanyaannya kini, mampu kah Van de Beek menjadi the next Roy Keane di Old Trafford?

Artikel Tag: Roy Keane, Manchester United

475  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini