Penalti Ronaldo Selamatkan Juventus dari Kekalahan Kontra 10 Orang Pemain Milan

Penulis: Rei Darius
Jumat 14 Feb 2020, 05:15 WIB
Penalti Ronaldo Selamatkan Juventus dari Kekalahan Kontra 10 Orang Pemain Milan

Cristiano Ronaldo menyelamatkan Juventus dari kekalahan kontra AC Milan (Image: Getty)

Berita Liga Italia: Gol telat kontroversial Cristiano Ronaldo sukses menyelamatkan Juventus dari kekalahan kontra AC Milan di San Siro pada leg pertama semifinal Coppa Italia hari Jumat (14/2) dini hari WIB.

Eksekusi penalti dari sang mega bintang asal Portugal, dari situasi yang kontroversial mengenai handball yang dilakukan oleh Davide Calabria, membatalkan gol pembuka tuan rumah yang dicetak oleh Ante Rebic pada menit ke-61.

Sama-sama baru merasakan kekalahan di Serie A pada akhir pekan kemarin, Milan dan Juve bermain dengan tempo lambat dan hanya sedikit memperlihatkan intensi untuk saling menyakiti pada menit-menit awal. Permainan membosankan minim peluang pada babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Gianluigi Buffon sempat beberapa kali diuji oleh Franck Kessie, Rebic, Zlatan Ibrahimovic, namun kiper berusia 42 tahun itu masih sukses mengamankan gawangnya dari kebobolan. Selagi satu-satunya peluang menjanjikan untuk Juve adalah ketika Juan Cuadrado melepaskan tembakan mendatar yang dihentikan oleh Gianluigi Donnarumma.

Awal babak kedua pun berjalan dengan tidak jauh berbeda, selain Rebic memberikan peluang kepada Ibrahimovic untuk melakukan tandukkan, yang menyebabkan Buffon menggunakan kedua kakinya untuk menghentikan bola, tak ada yang menarik dari permainan kedua tim.

Namun Milan akhirnya sukses memecahkan kebuntuan lewat Rebic, yang merangsek ke kotak penalti dan sukses menyambut umpan silang dari Samu Castillejo. Setelah Matthijs de Ligt disibukkan oleh Ibrahimovic dan Bonucci salah posisi, satu-satunya halangan bagi sang penyerang timnas Kroasia tersebut hanyalah Mattia De Sciglio, yang dengan mudah ditaklukan olehnya.

Laga menjadi menarik setelah wasit menghadiahkan kartu kuning kedua kepada Theo Hernandez, karena melakukan tekel keras kepada Paulo Dybala pada menit ke-71. Namun memerlukan waktu hingga pengujung laga bagi Juve untuk mencetak gol penyeimbang.

Upaya Ronaldo untuk melakukan salto mengenai lengan Davide Calabria. Pada awalnya, wasit enggan memberikan penalti, namun mengubah keputusannya setelah meninjau ulang melalui VAR. Dalam tayangan ulang, sang bek kanan AC Milan nampak tidak menyadari datangnya bola, dan sulit untuk menghukumnya dengan dalih sengaja menghalau bola untuk masuk ke gawang. Namun keputusan wasit tetap tak bisa diganggu gugat dan Ronaldo sukses menunaikan tugasnya untuk mencetak gol ke-12 dari delapan pertandingan terakhir.

Dengan ini, Milan harus menang saat melawat ke Turin pada leg kedua tanggal 4 Maret mendatang untuk mengamankan tiket final. Namun mereka harus melakukannya tanpa Zlatan Ibrahimovic, Theo Hernandez, dan Samu Castillejo yang menjalani skorsing.

Susunan Pemain

AC Milan (4-2-3-1): G. Donnarumma; Calabria, Kjaer, Romagnoli, Theo; Kessie, Bennacer, Castillejo (Saelemaekers 80'), Calhanoglu (Paqueta 86'), Rebic (Laxalt 74'); Ibrahimovic.

Juventus (4-3-3): Buffon; De Sciglio (Higuain 70'), De Ligt, Bonucci, Alex Sandro; Ramsey (Bentancur 62'), Pjanic, Matuidi (Rabiot 73'); Cuadrado, Dybala, Ronaldo.

Artikel Tag: Juventus, Cristiano Ronaldo, AC Milan

6779  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini