Robi Darwis Dapat Banyak Pengalaman Bersama Tim Nasional U-20

Penulis: M. Aldi
Jumat 23 Sep 2022, 13:00 WIB
Gelandang Persib, Robi Darwis

Robi Darwis dalam latihan bersama Persib

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Pengalaman berharga dirasakan Robi Darwis bersama tim nasional U-20. Dia diberi peran penting oleh Shin Tae-yong dan berhasil membantu timnya melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Kepercayaan bermain didapatkannya saat menghadapi Timor Leste, Hongkong dan Vietnam. Hasilnya ketiga laga mampu diakhiri dengan kemenangan. Prestasi tersebut dikatakan pemain Persib ini membuatnya lebih percaya diri.

"Tentunya kalau pengalaman pasti bersyukur waktu di AFC dapat kesempatan untuk bermain, dan tentu Alhamdulillah juga dapat kepercayaan dari coach Shin. Itu pasti modal yang baik buat saya untuk jadi lebih baik," terang anak muda berusia 19 tahun ini ketika diwawancara.

Meski tidak bermain full di tiga pertandingan tersebut, tapi kontribusinya begitu terasa. Tiga assist ditorehkan Robi Darwis untuk Garuda Muda. Menurutnya ini bisa jadi pelecut motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri usai melakukan blunder di awal musim bersama Persib.

"Tentu saya mempunyai target pribadi, pasti harus lebih baik. Ya pengalaman dari debut saya pribadi yang kurang mungkin kurang baik, seperti ada kesalahan yang membuat fatal lah. Kemarin mendapat menit bermain di timnas itu menambah kepercayaan diri saya pribadi untuk jauh lebih baik lagi dan bisa meningkatkan performa," kata dia.

Dia juga sebenarnya dipasang di posisi yang berbeda di timnas. Sejatinya Robi punya posisi sebagai gelandang bertahan. Namun di timnas dia dipasang sebagai bek tengah atau wing back kanan. Meski begitu, dia mengatakan tidak merasa canggung.

"Di (kualifikasi) Piala AFC beberapa kali ditempatkan di posisi yang berbeda, tetapi itu tidak terlalu kesulitan karena sebelum di timnas dan Persib ada beberapa posisi yang dicoba, jadi adaptasinya engga terlalu lama dan ga terlalu sulit," ujar dia.

Tidak banyak waktu baginya untuk beristirahat lantaran sudah kembali berlatih bersama Persib. Karena kini sudah harus gabung dengan klub usai bertugas bersama timnas. Meski lelah, namun dia harus menjalankan tugasnya sebagai pemain.

"Tentunya alhamdulillah sudah bisa kembali lagi latihan bersama tim meskipun istirahatnya sebentar banget, cuma satu hari di rumah dan ke sini latihan. Tapi karena ini pekerjaan dan disyukuri saja," tutup Robi.

Artikel Tag: Robi Darwis, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/robi-darwis-dapat-banyak-pengalaman-bersama-tim-nasional-u-20
732  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini