Robert Ungkap Kiat Jaga Pemain Tetap Disiplin di Luar Lapangan

Penulis: M. Aldi
Rabu 30 Sep 2020, 22:15 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Robert Rene Alberts tidak ingin ada pemain Persib yang terpapar virus covid-19. Untuk itu dia terus mengedukasi pemain untuk mematuhi semua anjuran soal protokol kesehatan dalam kegiatan lain di luar agenda bersama tim.

Menurutnya cukup Wander Luiz saja, awak tim Maung Bandung yang dinyatakan positif corona. Tidak boleh ada yang lain mengikuti musibah yang dirasakan striker asal Brasil itu. Maka dari itu, banyak langkah juga yang diantisipasi oleh pelatih dalam membekali anak asuhnya di luar lapangan.

"Setiap saat saya selalu mengingatkan. Kami sudah tak lagi menggelar event bersama klub, seperti yang biasanya sering dilakukan bersama pihak marketing," terang pelatih berusia 65 tahun itu ketika diwawancara oleh awak media.

Namun demikian, sebagai pelatih di lapangan, Robert paham bahwa ada batasan dimana dia bisa mengontrol kegiatan anak asuhnya. Tentu aktivitas sehari-hari pemain sudah menjadi ranah privasi mereka. Jadi hanya bisa mengingatkan Supardi dan kawan-kawan untuk tetap menjaga protokol kesehatannya.

"Tapi tentunya jika pemain mempunyai agenda sendiri, kami tidak bisa mengontrolnya, mereka juga memiliki privasi dan kami tidak bisa mencampuri urusan pribadi mereka," terang pelatih yang memasuki musim kedua menahkodai Persib itu.

Sejauh ini, pemain terpantau tetap mengikuti anjuran dari tim medis klub. Ketika bersosialisasi dengan teman maupun keluarga, mereka dinilai masih disiplin dalam menjaga diri dan kesehatan seperti dengan memakai masker serta lainnya.

"Mereka sudah memahami semua protokol yang berlaku di tim kami dan tahu pula apa yang harus dilakukan dengan menjaga sanitasi, memakai masker, itu adalah protokol kami," ujar mantan pelatih Arema dan PSM tersebut.

Sementara itu, publik sepakbola Indonesia kemarin dibuat kaget dengan kondisi yang menimpa Persebaya. Karena enam pemain dan dua official dinyatakan positif covid-19 meski tidak diumumkan siapa mereka. Robert pun menyebut betapa pentingnya mengikuti protokol kesehatan dan tim medis di klub pun harus rajin berkoordinasi.

"Saya tidak bisa bicara soal Persebaya, tetapi kami lebih fokus mengikuti protokol yang berlaku di tim ini. Dan tim medis klub juga terus berkoordinasi dengan tim medis PSSI dan Kementrian Kesehatan, supaya kami tahu apa yang harus dilakukan," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Covid-19

501  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini