Robert Tanggapi Ucapan Persib Yang Punya Delapan 'Pemain Asing'

Penulis: M. Aldi
Kamis 23 Sep 2021, 15:30 WIB
Robert Rene Alberts ketika berbincang dengan Marc Klok

Robert Rene Alberts ketika berbincang dengan Marc Klok (Foto : Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Persib Bandung dalam beberapa kesempatan disinggung karena punya delapan 'pemain asing'. Robert Rene Alberts pun menanggapi sindiran tersebut dan menyebut pihaknya tidak menyalahi aturan.

Selain ada empat pemain asing sesuai regulasi, Persib mempunyai empat sosok naturalisasi. Mereka adalah Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, Marc Klok dan Ezra Walian. Keberadaan pemain ini sempat dikomentari oleh beberapa pelatih seperti Djadjang Nurdjaman dan Widodo Cahyono Putro.

Menurut Robert, pihaknya tidak menyalahi aturan dengan mengontrak pemain naturalisasi tersebut. Apalagi jika melihat Victor Igbonefo, sang pemain sudah sejak tahun 2005 bermain di Indonesia.

"Tidak (terganggu) sama sekali. Saya rasa ada dua kategori di sana. Jika kalian melihat pemain seperti Victor, berapa lama dirinya bermain di sini dan sejak kapan dia mendapat paspor Indonesia," kata Robert ketika diwawancara.

Hal sama juga dialami Esteban Vizcarra yang sudah lebih dari satu dekade berkarir di Indonesia. Jadi menurutnya secara cara bermain juga sudah identik dengan Indonesia. Tidak ada aturan yang ditabrak juga oleh mereka.

"Itu sudah bertahun-tahun yang lalu jadi memang dirinya lahir di luar tapi gaya bermainnya sudah bisa dikatakan seperti pemain Indonesia. Begitu juga Esteban Vizcarra, berapa lama dia berada di sini," ujarnya.

Memang lain halnya dengan Marc Klok dan Ezra Walian yang belum lama berada di Indonesia tapi sudah mendapat status WNI. Itu karena keduanya punya darah keturunan. Namun diakui Robert bahwa keduanya kini masih lebih identik sebagai pemain asing.

"Tapi untuk yang baru, seperti Marc dan Ezra itu memang berbeda. lantaran mereka menjadi warga Indonesia dengan dinaturalisasi baru-baru ini. Jadi oke, bisa dikatakan mereka sebagai pemain asing," jelasnya.

Yang ditekankan oleh sang pelatih kini adalah seluruh pemain didaftarkan ke LIB tanpa menyalahi aturan. Meski mereka pemain naturalisasi, tapi yang terdaftar untuk kompetisi adalah masuk kategori pemain lokal dan itu sah.

"Tetapi kami memasukan mereka berdasarkan regulasi. Itu artinya mereka adalah pemain Indonesia yang sah untuk didaftarkan sebagai pemain lokal. Bisa dikatakan mereka pemain asing, tapi tidak pada prinsipnya," tandasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/robert-tanggapi-ucapan-persib-yang-punya-delapan-pemain-asing
528  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini