Robert Soroti Pemain Yang Hilang Karakter Saat Ditekuk Arema

Penulis: M. Aldi
Rabu 01 Des 2021, 17:00 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Liga Indonesia Baru)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Banyak yang menilai kekalahan Persib dari Arema adalah karena absennya beberapa pilar. Namun Robert Rene Alberts lebih menyoroti mental pemain yang kehilangan karakter untuk meraih kemenangan.

Pelatih asal Belanda ini tidak menampik bahwa hilangnya Ezra Walian, Nick Kuipers, Victor Igbonefo dan Mohammed Rashid memang berpengaruh. Terutama absennya duet stoper Igbonefo-Kuipers yang membuat timnya terpaksa pasangan center back darurat.

"Tentunya ini memberi dampak bagi tim karena kehilangan empat pemain inti terutama dua bek tengah dan juga satu gelandang tengah. Tapi kami terpaksa melakukan perubahan karena mereka tidak bisa tampil," ujar sang pelatih saat diwawancara.

Namun dia tidak menganggap itu sebagai alasan utama tim asuhannya tumbang dari Arema di pekan ke-14 lalu. Robert lebih mencatat krisis karakter dari pemain yang membuat Maung Bandung seakan kehilangan taringnya.

Tidak terlihat determinasi dari timnya untuk memenangi duel atau pertarungan di lapangan. Mereka seakan nampak 'terlalu sopan' sejak kick off bahkan ketika tertinggal satu gol lewat tendangan Dendi Santoso.

"Tapi saya enggan menyatakan itu sebagai alasan karena semua pemain Persib harus bisa mengisi tempat itu. Saya tekankan sekali lagi bahwa bukan masalah kami kalah 1-0 tapi saya merasa kehilangan intensitas permainan," ujar pria 67 tahun ini.

Karakter ngotot tersebut diakui Robert tidak muncul dari anak asuhnya saat tampil di laga big match. Sebelumnya, performa loyo Wander Luiz dan kawan-kawan terlihat saat Persib bertanding melawan Persija.

"Ketika bermain pada big match mereka tidak menunjukan karakter 'ayo kita menuju puncak klasemen hari ini' dan itu menyebabkan tim kami kemasukan di 20 menit awal. Di babak kedua juga kami lebih banyak ditekan dan banyak melepas umpan panjang untuk memaksakan mencetal gol," terang dia.

Robert pun menyimpulkan bahwa sebenarnya bukan masalah utama pemain kunci tidak tampil. Tapi mentalitas pemain yang ada tidak muncul saat bermain di laga bertajuk big match dan membuat mereka kehilangan karakter.

"Jadi pada akhirnya, saya tidak mementingkan siapa yang bermain, tapi siapa yang bisa menunjukkan karakter ingin berada di urutan pertama di liga," tutup mantan pelatih PSM dan Arema tersebut.

Artikel Tag: Persib, arema, robert rene alberts

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/robert-soroti-pemain-yang-hilang-karakter-saat-ditekuk-arema
453  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini