Robert Setuju Dengan Keputusan PSSI Anulir Liga Musim 2020

Penulis: M. Aldi
Jumat 22 Jan 2021, 17:00 WIB
Robert Rene Alberts ketika memimpin latihan Persib

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia : Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts menanggapi keputusan PSSI terkait kompetisi 2020. Dari hasil rapat Exco (Komite Eksekutif) diputuskan liga musim 2020 dibatalkan setelah terhenti sejak Maret.

Menurutnya, sejak awal dia memang sudah menyarankan untuk menganulir liga yang baru berjalan tiga pekan tersebut. Alasan Robert memberi masukan itu adalah sudah terlalu lama liga terhenti karena pandemi covid-19.

Sebelumnya sempat ada wacana kompetisi dimulai pada bulan Februari 2021. Persib pun sudah berencana mengumpulkan para pemain untuk berlatih bersama. Tapi wacana tersebut gagal terlaksana karena ternyata belum ada lampu hijau dari pihak kepolisian terkait izin penyelenggaraan.

"Yang pertama, izinkan saya untuk mengingatkan semua orang bahwa saya sudah katakan ini sejak Desember lalu, ketika kami mendapat kabar liga belum akan digelar Februari, jadi tidak ada latihan di Januari," katanya saat diwawancara.

Jika kompetisi digelar setelah Februari 2021, menurut dia tidak masuk akal untuk melanjutkan liga 2020. Karena sudah terlalu lama kompetisi tertunda. Mayoritas tim juga telah berubah peta kekuatannya lantaran kehilangan pemain asing mereka.

"Tidak ada alasan menggelar liga yang sudah terhenti satu tahun. Jadi keputusan untuk tidak melanjutkan liga musim 2020 menurut opini saya adalah keputusan yang tepat," ujar juru racik taktik berkebangsaan Belanda tersebut.

Selain keputusan untuk menghentikan liga 2020, rapat Exco PSSI juga memastikan tidak ada juara dan tim yang masuk ke jurang degradasi. Robert menyebut sikap yang diambil cukup bijak karena terlalu dini menyimpulkan klasemen musim 2020 ketika baru berjalan tiga pekan.

"Tentunya hanya memainkan tiga laga dari total 34 itu tak bisa dianggap sebagai juara, dan bahkan belum seluruh tim bermain tiga kali, ada yang baru bermain dua kali saja. Dan tentu saja tidak bisa bicara soal degradasi karena liga dihentikan di tahap yang masih sangat awal," terang dia.

Pengambilan keputusan dari PSSI juga menurutnya merupakan langkah bijak. Kini tinggal bagaimana federasi merancang musim kompetisi yang baru dan fokus menata persiapan. Seperti mengurus perizinan dengan pihak kepolisian.

"Bukan hanya Liga 1 tapi juga Liga 2 karena ini berdampak sangat besar, melibatkan banyak klub. Jadi menurut opini saya ini keputusan yang tepat dan semuanya mulai bisa fokus untuk hal yang lain, sesuatu yang lebih positif lagi," kata pria berusia 66 tahun itu memungkasi.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, PSSI

504  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini