Robert Sebut Ferdinand Sinaga Ingin Balik ke Persib Tapi Tertahan Regulasi

Penulis: M. Aldi
Rabu 21 Okt 2020, 23:15 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia : Beredar wacana transfer window yang seharusnya ditutup pada 18 Oktober diperpanjang masa tenggatnya. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts pun coba memberikan tanggapan mengenai kabar yang beredar tersebut.

Pria berpaspor Belanda itu mengatakan dia tidak memahami mengapa ada jendela transfer pada medio September-Oktober 2020. Karena sejatinya seluruh klub sudah sepakat agenda transfer itu dibuka pada bulan Desember alias pada paruh musim dengan asumsi liga dimulai lagi 1 Oktober.

Selain itu dia heran karena dalam aturannya, perpindahan pemain hanya berlaku untuk pemain asing. Sedangkan untuk sesama tim Liga 1 itu tidak bisa melakukan transfer satu sama lain. Maka dari itu Robert tidak tertarik bergerak aktif di bursa transfer.

"Tidak, karena kembali pada aturannya, sudah sangat jelas dijelaskan bahwa di transfer window yang seharusnya dibuka Desember, hanya bisa mendatangkan pemain asing. Tidak ada pemain yang diizinkan pindah dari sesama klub di Liga 1," kata Robert saat diwawancara.

Tim Liga 1 cuma bisa merekrut pemain lokal dari tim Liga 2 atau kompetisi amatir. Begitu pula yang berlaku untuk tim Liga 2 hanya bisa merekrut pemain dari tim kasta teratas. Robert menyebut aturan itu yang mengadang niatan Ferdinand Sinaga hengkang ke Persib dari PSM.

"Tetapi dari Liga 2 bisa pindah ke Liga 1 dan dari Liga 1 ke Liga 2 juga. Sebagai contoh, Ferdinand Sinaga dia ingin datang ke Bandung tapi tak bisa karena itu dari Liga 1 ke Liga 1, jadi dia memilih pergi ke Medan di Liga 2. Tetapi kami mengikuti aturannya," jelasnya.

Pria berusia 65 tahun tersebut pun mempertanyakan kenapa bisa ada transfer window dadakan. Apakah perubahan secara tiba-tiba itu bisa saja membuat klub sesama Liga 1 boleh melakukan transasksi pemain lokal. Karena menurutnya ada banyak amunisi dalam negeri ingin berganti kostum.

"Tetapi jika ada pemain asing yang tiba-tiba datang, yang seharusnya tidak ada transfer window, pertanyaannya adalah bisakah merekrut pemain dari tim lain sekarang? Karena ada banyak pemain yang tidak mau tinggal di timnya untuk saat ini karena pembayaran yang buruk," kata dia.

Kondisi finansial yang melanda klub-klub tanah air karena pandemi membuat hak pemain mulai tidak terpenuhi. Disebut Robert, situasi ini yang membuat banyak pemain antri untuk hijrah ke Persib. Termasuk Ferdinand Sinaga yang dikatakan olehnya pernah intens berkomunikasi untuk kembali ke Maung Bandung.

"Klub tidak bisa memberikan kepastian kepada pemain. Kami mendengar ada cerita pemain harus menjalani operasi, tapi klub tidak bisa memberikan jaminan. Tentu ini tidak bagus untuk sepakbola profesional di Indonesia jadi peraturannya harus jelas, agar kami tahu apa yang harus kami lakukan," jelasnya.

"Kami punya daftar panjang pemain yang mau datang bermain untuk Persib Bandung, salah satunya Ferdinand Sinaga yang selalu menjalin pembicaraan tapi itu tidak diperbolehkan. Tapi hal lain kerap tiba-tiba dibolehkan. Tidak ada yang tahu mana yang boleh dan mana yang tidak," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Ferdinand Sinaga

1777  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini