Robert Minimalisir Kerentanan Cedera Pemain Dengan Latihan di Gym

Penulis: M. Aldi
Rabu 21 Okt 2020, 21:50 WIB
Wander Luiz ketika berlatih di gym, ini bentuk latihan Robert Rene Alberts agar pemain tidak rentan cedera.

Wander Luiz berlatih di gym (foto ; Persib Official)

Berita Liga 1 Indonesia: Program latihan spesifik di gym kembali digenjot Robert Rene Alberts kepada pemain Persib. Ini juga menjadi penutup agenda tim pada pekan ini sebelum diliburkan hingga hari Minggu mendatang.

Tujuannya adalah membenahi kekuatan otot pemain dan juga kekurangan dari anak asuhnya. Menurutnya diperlukan menu latihan ini supaya keseimbangan Supardi dan kolega mulai membaik dan itu berdampak pada meminimalisir kerentanan cedera.

"Ya kami spesifik memberi program individual kepada pemain. Kami menguji semua pemain terkait kekurangan fisik mereka, ketidakseimbangan serta kerentanan cedera yang dibawa oleh pemain," jelas Robert ketika diwawancara seusai latihan di salah satu tempat kebugaran di Bandung.

Dalam kegiatan latihan kali ini, Robert memberlakukan dua sesi untuk pemain. Sebanyak 12 punggawa pertama berlatih pada pukul 9 pagi. Setelah itu 15 pemain yang lain menyusul dalam sesi kedua yang digelar satu jam berikutnya.

Alasannya adalah kebijakan dari Persib yang memberlakukan protokol kesehatan. Latihan dilakukan di dalam ruangan dan sebaiknya jumlah orang di dalam dibatasi untuk mengurangi potensi penyebaran covid-19.

Harapan Robert, anak asuhnya bisa tetap sehat dan kondisi fisik mereka menjadi lebih kuat dengan program yang sudah dirancang bersama tim pelatih lain. Dirinya juga mengaku senang dengan semangat yang ditunjukan oleh anak asuhnya.

"Kami bekerja pada seputaran itu dan kami menggunakan ini untuk membentuk kekuatan pemain mengatasi kekurangannya, jadi ini sangat berguna. Bisa dilihat juga antusiasme dari pemain, motivasi yang mereka tunjukan untuk melakukan sesi latihan ini sangat bagus," ujar pria berusia 65 tahun tersebut.

Seusai latihan ini, skuat Maung Bandung diliburkan selama empat hari. Tim baru akan berkumpul lagi pada Senin (26/11) pekan depan. Dia memang sengaja tidak intensif menggelar latihan setiap hari dalam sepekan.

"Kami akan fokus pada tipe yang berbeda dalam latihan dan perbedaan latihan di tiap minggunya. Supaya tidak terlalu panjang latihan dengan intensitas tinggi bagi pemain pada masa kompetisi yang belum ada kejelasan," jelasnya.

"Dan juga (intensitas) tak terlalu rendah karena dasarnya adalah pemeliharaan saja. Jadi kami memulai dengan sangat individual untuk menjaga komposisi tubuh pemain," ujar eks pelatih Arema dan PSM itu memungkasi.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

546  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini