Robert Gigit Jari Klub Kebanggaannya Batal Juara Liga Belanda

Penulis: M. Aldi
Jumat 01 Mei 2020, 14:00 WIB
Robert Gigit Jari Klub Kebanggaannya Batal Juara Liga Belanda

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia : Kenyataan pahit diterima oleh Ajax Amsterdam karena dipastikan gagal menjadi juara Liga Belanda. Keputusan itu menyusul hasil pertemuan klub yang menyatakan kompetisi musim ini dihentikan tanpa juara dan degradasi.

Pahahal klub berjuluk De Godenzonen tersebut sementara tengah memimpin klasemen sementara Eredivisie. Ajax yang mengupulkan poin 56 unggul selisih gol dari AZ Alkmaar pada urutan kedua. Upaya meraih gelar juara pun akhirnya sirna.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts sendiri merupakan seorang fans Ajax. Karena dia lahir di Amsterdam dan memulai karir di dunia sepakbola bersama Ajax. Dia pun mengaku kecewa lantaran batal menyaksikan klub favortinya menjadi kampiun.

Tetapi di sisi lain dia juga berusaha memahami kondisi negara yang sedang dilanda krisis. wabah corona yang masih menyerang membuat pemerintah menambah masa berlaku lockdown hingga awal September. Klub-klub anggota KNVB pun akhirnya sepakat supaya liga dihentikan.

"Sebagai fans Ajax, tentu saya ingin melihat tim kebanggaan menjadi juara di liga. Tapi peraturannya sudah sangat jelas, musim ini harus diakhiri tanpa ada juara," terang pelatih 65 tahun itu ketika diwawancara, Kamis (30/4).

Bukan liga Belanda saja sebenarnya yang harus dihentikan pada masa pandemi ini. Liga Belgia sendiri menghentikan liga namun menentukan Club Brugge sebagai juara. Club Brugge kini sedang memimpin klasemen unggul 15 poin dari tim runner up.

Mengenai perbedaan pengambilan keputusan antara kedua negara ini, Robert menilai setiap negara punya pertimbangan berbeda. Ada banyak variabel yang membuat federasi menentukan solusi. Setiap negara pun tidak bisa digeneralisir kebijakannya.

"Beberapa liga seperti di Belgia, Club Brugge sudah diumumkan menjadi juara karena liganya dihentikan dan mereka mengambil keputusan berdasarkan urutan klasemen. Akhirnya federasi Belgia mengumumkan Club Brugge yang menjadi juara. Keputusan diambil berdasarkan situasi berbeda dan jawabannya pun tentu berbeda," jelasnya.

"Ini adalah hak dari setiap negara dan setiap negara memiliki perbedaan struktur dan budaya. Dan juga ada perbedaan mengenai cara menghadapi wabah virus ini, jadi seperti yang sudah saya katakan, kami tidak bisa menyamaratakan semua negara, karena setiap negara berbeda," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Ajax Amsterdam

314  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini