Robert Akui Akurasi Umpan Silang Pemain Persib Harus Diperbaiki

Penulis: M. Aldi
Selasa 07 Sep 2021, 23:00 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts (foto : Persib Official)

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia : Distribusi serangan Persib di laga kontra Barito Putera banyak mendapat sorotan. Skuat asuhan Robert Rene Alberts tersebut dinilai tidak efektif dalam melepaskan umpan silang dari sektor sayap.

Berulang kali final pass dilakukan di final third dengan mengangkat bola ke kotak penalti. Namun akurasinya masih belum jitu dan penerima umpan juga tidak berada di posisi yang tepat untuk menuntaskan peluang.

Robert pun memberikan pandangannya mengenai sikap pemain yang tidak efektif melepaskan crossing. Menurutnya bola silang dari sisi sayap adalah salah satu proses gol yang sering ditemukan di sepakbola termasuk di level top.

Sehingga Robert justru mengapresiasi inisiatif dari Febri Hariyadi dan kawan-kawan. Namun diakui olehnya bahwa dari sisi akurasi masih harus dibenahi lagi. Supaya umpan yang diberikan tidak terbuang percuma.

"Menurut saya, yang pertama, hal bagusnya adalah banyak tim-tim top mencetak gol melalui umpan silang. Tapi hal yang belum bisa ditunjukkan pemain kami adalah akurasi dari umpan tersebut belum akurat," ujar dia pada awak media ketika diwawancara.

Robert sendiri sering menemukan pemain yang tak memiliki kepekaan untuk melepas crossing. Padahal dia punya ruang memberikan umpan matang ke pemain depan. Sedangkan awak Maung Bandung sudah berani melakukan percobaan tersebut.

Untuk itu para pemain Persib tetap dapat poin dari sang pelatih. "Ada banyak pemain yang ketika berada di posisi tersebut yang tidak peka untuk melepas crossing," terang mantan pelatih PSM dan Arema ini.

Kini tugasnya sebagai pelatih untuk memperbaiki kinerja pemain ketika menyerang dari sayap. Mengasah pasukannya melepas umpan silang yang akurat ke kotak penalti. Juga menggenjot striker untuk melakukan positioning dan bisa menyongsong umpan dengan timing yang tepat.

"Kini kami tinggal bekerja untuk membenahi kualitas dari crossing tersebut dan kami juga harus memperbaiki cara striker melakukan penempatan posisi dan timing," terang pelatih berusia 66 tahun ini.

Kedua aspek ini harus dilatih lagi agar aliran serangan lebih efektif dan gol yang diciptakan lebih banyak lagi. "Jadi kami harus membenahi kualitas crossing dan timing pemain depan dalam menyundul bola," tukasnya.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/robert-akui-akurasi-umpan-silang-pemain-persib-harus-diperbaiki
436  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini