Rivaldo: Xavi Bakal Dituntut Samai Prestasi Guardiola

Penulis: Senja Hanan
Sabtu 04 Apr 2020, 17:46 WIB
Rivaldo: Xavi Bakal Dituntut Samai Prestasi Guardiola

Xavi Hernandez ketika melatih Al Sadd.

Berita Liga Spanyol: Rivaldo memang setuju jika Xavi Hernandez kembali untuk melatih Barcelona di masa mendatang. Namun, Rivaldo menilai mantan bintang Barcelona itu akan menemui banyak tekanan ketika melatih klub yang bermarkas di Stadion Camp Nou.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Xavi memang telah menyatakan keinginannya untuk melatih Lionel Messi dkk pada suatu saat nanti. Meski memberikan dukungan, Rivaldo menilai Xavi akan menemukan banyak rintangan ketika melatih klub berjuluk Blaugrana itu. Salah satunya diharapkan bisa menyamai prestasi Pep Guardiola.

"Tentu saja, tidak akan mudah untuk membuat sesuatu serupa (seperti apa yang dihasilkan Pep Guardiola) di Barcelona. Xavi perlu pemain terbaik di waktu yang tepat untuk membuat sistemnya bekerja dengan sempurna," kata pemain yang pernah membawa Barcelona Berjaya tersebut. 

"Ketika mendapat tekanan seperti ini, artinya orang lain mempercayai Anda yang bertanggung jawab atas klub hebat dengan ambisi besar. Setiap manajer akan senang melatih Barcelona," sambung mantan pemain Tim Nasional Brasil itu.

Menurut Rivaldo, jika Xavi ingin meraih kesuksesan melatih klub yang berasal dari Catalan tersebut, maka mantan kapten Barcelona itu harus melakukan sejumlah perombakan termasuk mendatangkan sejumlah pemain yang bisa diandalkan.  Seperti yang diketahui, banyak pelatih Blaugrana yang terpaksa dipecat karena bermain terlalu monoton dan mengandalkan kehebatan seorang Messi saja.

"Banyak pelatih bergantung pada pemainnya ketika tiba di Barcelona. Xavi harus menambahkan beberapa bagian kunci untuk memperkuat tim dan mempunyai peluang menyamai level Guardiola," ucap Rivaldo melanjutkan.

Artikel Tag: Barcelona, Rivaldo, Xavi Hernandez

718  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini