Riko Simanjuntak Jadi Pemberi Assist Terbanyak Di Liga 1

Penulis: Dayat Huri
Senin 11 Apr 2022, 23:00 WIB
Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak

Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak/foto dok Persija Jakarta

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak berhasil mengakhiri Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 dengan catatan individu yang mentereng. Selain berhasil menembus posisi kedua pemain dengan menit main terbanyak (10.126 menit/124 laga), dia pun memiliki rapor apik di aspek assist.

Musim lalu, Riko Simanjuntak menempatkan dirinya juga di posisi kedua dengan assist terbanyak. Koleksinya terpaut satu angka dari Taisei Marukawa yang berada di peringkat atas.

Torehan delapan assist tersebut ternyata sama persis dengan catatannya ketika menjalani musim debutnya bersama Persija Jakarta pada musim 2018 silam.

Sementara itu, tambahan delapan assist di Liga 1 2021/2022 membuat koleksi assist Riko Simanjuntak menembus angka 30. Ia kini sejajar dengan Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera) sebagai pemberi assist terbanyak di sepanjang masa Liga 1 (2017-2022).

"Catatan tersebut membuat saya lebih bersemangat lagi untuk terus bekerja keras dalam latihan dan pertandingan," tutur pemain dengan nomor punggung 25 itu.

Menurut data statistik kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air, sebanyak 14 dari total 30 assist Riko Simanjuntak (47 persen) diberikan kepada Marko Simic. Catatan pemberi assist-pencetak gol Riko-Simic pun menjadi yang tertinggi dalam sejarah kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air.

Mantan pemain Semen Padang FC itu diyakini masih berpeluang mempertajam catatan assistnya bersama Persija Jakarta pada musim baru nanti. Dengan usia yang baru menginjak 30 tahun, dia diyakini masih punya beberapa tahun ke depan untuk melanjutkan karir di kasta tertinggi sepak bola tanah air.

Artikel Tag: Riko Simanjuntak, persija jakarta, Liga 1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/riko-simanjuntak-jadi-pemberi-assist-terbanyak-di-liga-1
674  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini