Resmi! Manchester City Dilarang Tampil di Liga Champions Selama Dua Musim

Penulis: Demos Why
Sabtu 15 Feb 2020, 02:29 WIB
Resmi! Manchester City Dilarang Tampil di Liga Champions Selama Dua Musim

Pep Guardiola (Foto: John Walton/EMPICS/PA Images via Getty Images)

Berita Liga Champions: Otoritas tertinggi sepakbola Eropa, UEFA, secara resmi menjatuhkan sanksi kepada Manchester City berupa larangan tampil di Liga Champions selama dua musim. Hal itu karena The Cityzens telah terbukti melanggar lisensi klub UEFA serta Financial Fair Play [FFP].

Dengan keputusan tersebut, Manchester City berarti tidak akan tampil di Liga Champions pada musim 2020/21 dan 2021/2022 meski tim arahan Pep Guardiola tersebut berstatus juara bertahan, juara Premier League, atau mampu mengakhiri kompetisi di urutan empat besar klasemen akhir di liga domestik.

Dilansir dari BBC Sport, Man City juga akan dikenakan denda sebesar 30 juta euro atau setara dengan 445 miliar rupiah akibat melakukan pelanggaran berat tersebut. Namun City masih diperbolehkan untuk melakukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Man City lantas memberikan respons atas keputusan UEFA tersebut. Mereka mengaku sangat kecewa namun tidak terkejut dengan sanksi yang dijatuhkan. Kendati demikian pihak manajemen klub mengaku akan menempuh jalur hukum dengan mengajukan banding ke CAS.

"Klub selalu mengantisipasi kebutuhan terakhir untuk mencari badan independen dan proses untuk tanpa memihak mempertimbangkan badan komprehensif bukti yang tidak dapat dibantah untuk mendukung posisinya," tulis pernyataan resmi klub yang dilansir dari BBC.

Lebih lanjut Man City juga menuding pihak penyelidik UEFA telah secara terbuka memutuskan terkait hasil sanksi tersebut pada Desember 2018 yang lalu padahal proses penyelidikan sama sekali belum dilakukan.

"Kelanjutan proses cacat dan konsisten UEFA yang ia awasi berarti bahwa ada sedikit keraguan dalam hasil yang akan ia berikan. Klub telah secara resmi mengeluh kepada badan disiplin UEFA, sebuah keluhan yang divalidasi oleh keputusan CAS."

The Cityzens berdalih bahwa UEFA telah mengadili merek berdasarkan prasangka belaka. Pasalnya UEFA sendiri yang telah membuka kasus ini kemudian mengajukan tuntutan dan akhirnya menjatuhkan sanksi kepada mereka.

"Dengan proses prasangka ini sekarang berakhir, klub akan mengejar penilaian yang tidak memihak secepat mungkin dan karenanya, pada tahap pertama, akan memulai proses dengan Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga pada kesempatan paling awal," tutup pihak Man City.

Artikel Tag: Manchester City, liga champions, UEFA

6226  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini