Rasis ke Pemain Dortmund, Schalke Didenda 102 Juta Rupiah

Penulis: Febrian Kusuma
Selasa 03 Nov 2020, 15:00 WIB
Schalke Dijatuhi Denda Akibat Aksi Rasial Suporternya

Schalke 04 (Sumber: GettyImages)

Berita Liga Jerman: Schalke resmi didenda sebesar 6000 euro atau sekitar 102 juta rupiah akibat aksi rasisme yang dilakukan oleh para pendukungnya, saat dikalahkan Borussia Dortmund U-19 dengan skor 2-3 pada pertandingan kelompok umur bulan lalu.

Pemain muda Dortmund, Youssoufa Moukoko yang menjadi bintang lapangan di laga tersebut dengan mencetak tiga gol, mendapat teriakan rasis dan ancaman pembunuhan dari para pendukung The Royal Blues. Atas insiden tersebut, klub langsung melayangkan permintaan maaf secara resmi kepada Borussia Dortmund, terutama ke Youssoufa Moukoko.

Mereka juga berjanji akan melakukan penyelidikan untuk menemukan para pelaku rasis, dari sekitar 300 suporter yang memadati stadion di saat pertandingan. Namun, sampai saat ini masih belum ada kabar lanjutan mengenai hasil penyelidikan yang dilakukan mereka, dan di sisi lain Schalke telah dijatuhi hukuman denda oleh pihak yang berwajib.

Hakim Federasi Sepak Bola Jerman, Torsten Becker mengungkapkan bahwa hukuman itu layak dijatuhkan kepada The Royal Blues, karena dianggap gagal memberikan perlindungan bagi para pemain dari aksi penghinaan yang tidak manusiawi dan ancaman kekerasan.

Lebih lanjut, dengan persetujuan federasi, Schalke kabarnya akan menyumbangkan 2000 euro atau 34 juta rupiah dari total denda mereka untuk mendukung kampanye anti rasisme dan anti diskriminasi. Selain itu, federasi juga meminta pihak klub untuk meningkatkan keamanan di pertandingan kelompok umur dan menyusun tindakan yang lebih tegas apabila insiden serupa kembali terjadi di kemudian hari.

Artikel Tag: schalke, youssoufa moukoko

658  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini