Rahmad Darmawan Berharap Liga 1 Dapat Ditunjang VAR

Penulis: Dayat Huri
Selasa 11 Mei 2021, 05:30 WIB
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan/foto dok Madura United

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih Madura United Rahmad Darmawan berharap kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 dapat menggunakan Video Assistant Refrre (VAR). Di Asia Tenggara sudah ada tiga kompetisi yang memakai teknologi VAR, yakni Liga Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Sesuai rencana yang disusun PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), kompetisi kasta tertinggi sepak bola tanah air itu akan mulai digulirkan pada 3 Juli nanti.

Menurut Rahmad Darmawan, teknologi VAR dianggaap sudah wajar dan harusnya sudah digunakan di Indonesia. Apalagi nyaris seluruh kompetisi di Eropa sudah memakai VAR. Bahkan, liga amatir Bandung Pemier League (BPL) juga pernah menggunakan itu.

"Kehadiran VAR bisa mengeliminasi hal-hal negatif dalam kompetisi," kata pelatih yang akrab disapa RD itu seperti dikutip dari laman Jawa Pos.

Menurutnya akan cukup banyak dampak positif apabila VAR benar-benar diterapkan di kompetisi Indonesia. Yang paling jelas tentu saja jika ada keputusan wasit yang dianggap kurang tepat akan dapat dikoreksi lewat VAR.

"Makanya, wasit harus ditunjang perangkat (VAR) untuk meyakinkan keputusannya di lapangan kepada publik," tambah pelatih yang juga anggota Exco APSI (Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia) itu.

Untuk mewujudkan hal itu, Rahmad Darmawan mengaku sudah melakukan komunikasi dengan tim technical study group (TSG) dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Itu (pemakaian VAR) adalah salah satu ide yang saya usulkan. Sudah saya sampaikan ke mereka," jelas pelatih yang sekaligus menjabat sebagai Manajer tim Madura United itu.

Sayang, belum ada respons soal usul tersebut. Sejatinya, RD cukup paham. Sebab, untuk memakai VAR, operator kompetisi harus merogoh kocek lebih dalam demi mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang.

Artikel Tag: rahmad darmawan, Liga 1, madura united

564  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini