PSSI Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Pemerintah Berikan Dukungan

Penulis: Dayat Huri
Rabu 29 Jun 2022, 09:30 WIB
PSSI kantongi dukungan pemerintah untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023

PSSI kantongi dukungan pemerintah untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023/foto dok PSSI

Ligaolahraga.com -

Berita Piala Asia: PSSI selaku induk organisasi sepak bola tanah air secara resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Piala Asia 2023. Indonesia akan bersaing dengan empat negara lain, yatu Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar yang juga ikut proses bidding.

Turnamen paling bergengsi di Benua Asia itu rencananya akan digelar di Tiongkok pada 16 Juni- 16 Juli 2023. Namun, Tiongkok memilih mengundurkan diri sehubungan dengan kasus covid-19 yang meningkat.

AFC pun kemudian menawarkan semua negara yang masuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah, tenggat waktu pengajuan sebagai tuan rumah dibatasi hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

"Setelah berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan seperti dilansir laman resmi federasi.

"Semua persyaratan yang diminta oleh AFC segera kita siapkan dan akan kita kirimkan secepat mungkin," terang Iriawan.

Bersaing dengan empat negara lain yang dari sisi infrastruktur lebih baik, Indonesia tetap optimistis untuk dapat kembali dipercaya sebagai tuan rumah, seperti pada Piala Asia 2007 silam.

Kemenpora RI, Zainudin Amali pun mengamini apa yang disampaikan Iriawan itu terkait dukungan penuh dari pihak pemerintah terkait keinginan federasi untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah. Dia menegaskan bahwa pemerintah memberikan dukungan penuh untuk itu.

"Ada permohonan dari PSSI untuk jadi tuan rumah Piala Asia. Pemerintah sudah setuju dan mempersilakan jadi tuan rumah. Hasilnya seperti apa (lihat nanti) karena Korea Selatan, Jepang, dan Australia juga mengajukan," kata Amali.

Amali memastikan bahwa Presiden Joko Widodo juga sudah mengetahui rencana Indonesia untuk jadi tuan rumah. "Saya langsung laporkan Presiden untuk meminta arahan. Kata beliau menyampaikan, silahkan kita mengajukan diri," terang dia.

Artikel Tag: PSSI, Piala Asia, iriawan, amali

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/pssi-siap-jadi-tuan-rumah-piala-asia-2023-pemerintah-berikan-dukungan
664  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini