PSM Makassar Fokus Jaga Mentalitas Pemain Selama Jeda Kompetisi

Penulis: Dayat Huri
Selasa 20 Sep 2022, 21:00 WIB
Skuat PSM Makassar diharapkan jaga mentalitas bertanding

Skuat PSM Makassar diharapkan jaga mentalitas bertanding/foto dok Liga Indonesia

Ligaolahraga.com -

Berita Liga 1 Indonesia: PSM Makassar jadi satu-satunya tim Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 yang belum tersentuh kekalahan. Karena itu, jeda kompetisi FIFA Match Day ditakutkan dapat berpengaruh terhadap performa tim berjuluk Juku Eja itu.

Pertandingan terakhir jelang jeda FIFA Match Day, PSM Makassar bermain seri 1-1 kontra Dewa United FC. Itu jadi hasil seri ketiga yang didapat Wiljan Pluim dan kawan-kawan, enam laga mampu diakhiri dengan angka penuh.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan bahwa catatan impresif yang diraih tim bisa terganggu akibat jeda kompetisi. Demi mengantisipasi hal tersebut, ia fokus untuk menjaga mentalitas para pemain.

"Kami hanya akan fokus pada mentalitas pemain. Setelah pertandingan itu [vs Dewa United], saya pikir pemain sudah bahagia dan harus dipertahankan," ungkap pelatih asal Portugal itu seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia.

Dia menjelaskan, rasa lapar kemenangan harus tetap dijaga pemainnya. Sebab, tanpa ada pertandingan kompetitif dalam waktu yang cukup lama, dia sedikit khawatir performa pemain akan turun begitu kompetisi dimulai lagi.

Terkait dengan peningkatan aspek mental ini, tugasnya simpel. Bernardo Tavares hanya berharap para pemain tetap fokus selama latihan. Hanya dengan itu, para pemain bisa terus menjaga stabilitas performa.

"Apa yang kami lakukan selama ini supaya bisa konsisten hanya fokus di dalam latihan. Selama pemain terus menunjukkan penampilan dan sikap seperti itu, saya pasti akan senang," ujarnya.

Menjaga mentalitas cukup penting untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Dia tidak naif sampai merasa penampilan impresif ini akan bertahan selamanya.

Dia mengakui, akan ada waktunya PSM Makassar harus menerima kekalahan dari lawan. Hal tersebut diakuinya mungkin saja terjadi setelah jeda kompetisi. Sehingga penjagaan dan penguatan mentalitas ini bertujuan ke arah sana pula.

"Pada akhirnya kami akan kalah. Entah itu di pertandingan selanjutnya atau di pertandingan terakhir. Mau apapun yang terjadi, pemain harus tetap fokus di latihan," pungkas dia.

Artikel Tag: psm makassar, Liga 1, Bernardo Tavares

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/psm-makassar-fokus-jaga-mentalitas-pemain-selama-jeda-kompetisi
3805  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini