Presiden FIFA Minta Semua Orang Fokus Pada Sepak Bola di Qatar

Penulis: Dwi Prima
Minggu 06 Nov 2022, 06:23 WIB
Presiden FIFA Minta Semua Orang Fokus Pada Sepak Bola di Qatar

Gianni Infantino / via Gettyimages

Ligaolahraga.com -

Berita Sepak Bola: Presiden FIFA, Gianni Infantino mendesak 32 negara yang mempersiapkan Piala Dunia paling politis di era modern untuk fokus pada pertandingan sepak bola di Qatar, bukan justru memberikan pelajaran moralitas.

Sebuah surat meminta tim untuk "membiarkan sepak bola menjadi pusat perhatian" dikirim oleh Infantino dan sekretaris jenderal FIFA, Fatma Samoura menjelang fokus media yang intens pada pelatih dan pemain ketika skuat Piala Dunia diumumkan minggu depan.

"Tolong, sekarang mari kita fokus pada sepak bola!" Presiden FIFA, Infantino dan Samoura menulis, meminta 32 federasi yang bersaing untuk "tidak membiarkan sepak bola terseret ke dalam setiap pertempuran ideologis atau politik yang ada."

Qatar terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010, memicu pengawasan sejak negara itu memperlakukan pekerja migran bergaji rendah yang diperlukan untuk membangun proyek-proyek yang menelan biaya puluhan miliar dolar dan undang-undang negara itu mengkriminalisasi hubungan sesama jenis.

Komentar FIFA dalam membela Qatar mengikuti penargetan lebih keras dari kritikus dalam beberapa pekan terakhir oleh pejabat publik, termasuk Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, saat kickoff 20 November semakin dekat.

Emir dua minggu lalu mencela "pemalsuan dan standar ganda" dalam apa yang disebutnya "kampanye yang belum pernah terjadi sebelumnya" melawan negara tuan rumah Piala Dunia.

Delapan tim Eropa telah berkomitmen untuk kapten mereka mengenakan ban lengan berbentuk hati - melanggar aturan FIFA - untuk mendukung kampanye anti-diskriminasi yang diluncurkan di Belanda, dan pemain Australia mengambil bagian dalam video yang menayangkan kekhawatiran tentang catatan hak asasi manusia Qatar.

Beberapa pelatih dan federasi, termasuk Amerika Serikat, telah mendukung seruan untuk membuat dana kompensasi bagi keluarga pekerja migran. Denmark, yang biasanya mengenakan seragam merah, akan mengenakan jersey serba hitam sebagai tanda berkabung bagi mereka yang meninggal di Qatar.

Artikel Tag: FIFA, Gianni Infantino, Qatar

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/presiden-fifa-minta-semua-orang-fokus-pada-sepak-bola-di-qatar
572  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini