Premier League Akan Uji Coba Penggunaan VAR Musim ini

Penulis: Demos Why
Kamis 06 Sep 2018, 09:26 WIB
Premier League Akan Uji Coba Penggunaan VAR Musim ini

Video Assistant Referee (VAR) / Reuters

Ligaolahraga.com -

Berita Liga Inggris: Usai jeda internasional dua pekan ini, akan ada perubahan di Premier League. Kabarnya The Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) akan melalukan uji coba penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Liga Primer.

VAR sendiri sejatinya merupakan teknologi terbaru yang biasa digunakan dalam sebuah laga sepakbola. Meski telah terbukti penggunaan VAR dapat membantu kinerja wasit di atas lapangan, namun perangkat teknologi itu belum sepenuhnya digunakan di dunia sepakbola.

Beberapa kompetisi Eropa sudah menggunakan teknologi VAR, sebut saja seperti Serie A dan La Liga. Bahkan di pentas Piala Dunia 2018, VAR juga turut digunakan. Lantas bagimana dengan Premier League?

Seperti dilansir dari Sky Sports, PGMOL dikabarkan sudah berniat untuk menerapkan teknologi VAR di Premier League. Akan tetapi pihak PGMOL masih ingin melakukan tes atau uji coba terlebih dahulu.

Pihak PGMOL berencana akan melakukan uji coba selepas jeda internasional. Nantinya jadwal pertandingan pada 15 September yang digelar pada pukul 15.00 waktu setempat akan menggunakan teknologi VAR untuk pertama kalinya.

Pada laga-laga tersebut, PGMOL ingin melihat apakah pusat VAR yang berlokasi di Stockley Park mampu mengatasi sejumlah insiden yang bisa saja terjadi dalam rentang waktu yang nyaris bersamaan. Nantinya tim yang berada di Stockley Park akan melakukan koordinasi dengan wasit yang ada di lapangan. Hasil evaluasi uji coba tersebut akan dipresentasikan kepada semua shareholder Premier League musim depan.

Premier League sendiri sengaja menunda penggunaan VAR lantaran pihaknya ingin semua ofisial pertandingan bisa benar-benar memahami cara penggunaan piranti teknologi baru tersebut. Bukan hanya itu, Liga Primer juga menilai VAR telah kehilangan kredibilitas di hadapan para fans. Hal tersebut tak terlepas dari pemberian hadiah penalti kontroversial bagi timnas Prancis di final Piala Dunia 2018 saat berhadapan dengan timnas Kroasia.

Artikel Tag: Premier League, Video Assistant Referee, The Professional Game Match Officials Limited

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/bola/premier-league-akan-uji-coba-penggunaan-var-musim-ini
689  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini