Perubahan Formasi Kunci Sukses Madura United Comeback Kontra PSS Sleman

Penulis: Dayat Huri
Rabu 24 Mar 2021, 10:00 WIB
Gelandang Madura United, Mochamad Kevy Syahertian merayakan gol ke gawang PSS Sleman

Gelandang Madura United, Mochamad Kevy Syahertian merayakan gol ke gawang PSS Sleman/foto dok Madura United

Berita Liga 1 Indonesia: Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan atau RD mengungkapkan bahwa perubahan formasi yang dilakukannya pada babak kedua jadi kunci berhasilan timnya melakukan comeback kontra PSS Sleman, Selasa (23/3).

Pada pertandingan grup C Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat tersebut, PSS Sleman sempat unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas Irfan Jaya di paruh pertama.

Di babak kedua, Madura United mampu comeback lewat sumbangsih Mochamad Kevy Syahertian menit ke-67 dan Jaimerson da Silva Xavier di menit 87.

"Kita mengawali pertandingan dengan banyak sekali kesalahan, kesalahan yang elementer baik dalam positioning maupun ketika kita ball possession, banyak sekali kesalahan yang ditimbulkan akhirnya lawan bisa memanfaatkan situasi itu. Terlihat sekali kepercayaan diri pemain sempat jatuh dan saya melihat kesalahan terus berulang," kata RD seperti dilansir laman resmi Liga Indonesia.

"Lawan cukup jeli dengan kontra strategi dengan memainkan 4-2-1-3 di babak pertama, kita pakai 3-5-2. Babak kedua kita mengganti formasi dengan 4-1-4-1 dan kemudian kita bisa mengembangkan permainan dan menemukan ritme yang hilang di babak pertama tadi," bebernya.

Ia bersyukur Madura United mampu keluar dari situasi sulit. Menurutnya masih banyak yang harus dievaluasi terutama dalam mematangkan skema baru tiga bek sejajar. Pada era sepak bola modern sekarang klub-klub dunia sudah memakai pola 3-5-2 yang bertransformasi. Oleh sebabnya RD memanfaatkan pertandingan di Piala Menpora ini dengan skema baru.

"Alhamdulillah kita dapat rezeki dengan membuat dua gol dan memenangkan pertandingan hari ini. Tapi secara keseluruhan banyak sekali pekerjaan rumah yang harus kita benahi dan saya berharap pemain menunjukkan performa yang meningkat dan saya puas kondisi fisik pemain terlihat dominan dan saya minta dipertahankan," tuturnya.

Artikel Tag: madura united, RD, PSS Sleman

652  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini