Persib Kembali Lakukan Swab Test Untuk Ikuti Arahan PSSI dan LIB

Penulis: M. Aldi
Selasa 29 Sep 2020, 17:15 WIB
Persib melakukan swab test untuk mengikuti protokol kesehatan

Pemain Persib ketika melakukan swab test

Berita Liga 1 Indonesia : Armada tim Persib Bandung pada hari ini kembali melakukan swab test. Rafi Ghani sebagai dokter tim mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengikuti arahan dari federasi dan operator kompetisi.

"Ini satu regulasi yang ditetapkan oleh PSSI dan PT. LIB bahwa kita diharuskan untuk melaksanakan swab test secara berkala," kata Rafi Ghani ketika diwawancara di sela-sela pengambilan sampel bagi awak tim di Graha Persib, Selasa (29/9).

Persib melakukan swab test ini cuma beberapa saat sebelum PSSI mengumumkan kompetisi yang sedianya digelar di pekan ini harus ditunda. Padahal tujuan dilakukan swab test ini adalah persiapan untuk mulai bertanding melawan PSM.

"Ini dilakukan hari ini, pertama kali, dan akan dilakukan setiap minggu sampai akhir kompetisi, kita hitung antara sekitar 11-12 kali kita melakukan ini. Mudah-mudahan saja hasilnya baik sesuai dengan harapan kita," ujarnya.

Dokter tim Maung Bandung ini juga tetap menekankan betapa pentingnya mengikuti protokol kesehatan. Karena pemain dan pelatih bukan hanya berkegiatan saat latihan namun mereka juga punya kesibukan mandiri sehari-hari.

Mungkin saja ada awak tim yang bandel dengan mengabaikan protokol kesehatan ketika tidak terpantau pelatih maupun dokter. Maka dari itu, Rafi terus memberi penjelasan soal esensi dari mengikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi potensi terpapar virus covid-19

"Kalau saya sudah beberapa kali sudah memaparkan beberapa protokol kesehatan. Jadi yang paling penting untuk mereka mengetahui esensi dibuat protokol kesehatan itu buat apa. Artinya supaya jangan terpapar dan memaparkan," jelasnya.

"Yang penting esensi protokol kesehatannya diikuti dengan baik, artinya saya menekankan empat, pakai masker, jangan usap wajah saat kita tidak yakin tangan kita bersih, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak bicara," lanjutnya.

"Selain itu menjaga pola hidup sehat dan istirahat cukup, asupan makanan yang baik, olahraga teratur serta memanage tingkat stres. Kalau kita bisa menjaga protokol kesehatan, ikut protokol hidup sehat insya Allah walaupun atas seizin Allah kita terpapar paling OTG, gejalanya ringan," tandas Rafi.

Artikel Tag: Persib, Rafi Ghani, Swab test

420  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini