Persib Desak Segera Mulai Musim Kompetisi Baru dan Hentikan Liga 2020

Penulis: M. Aldi
Minggu 03 Jan 2021, 20:45 WIB
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts

Berita Liga 1 Indonesia : Nasib kompetisi Indonesia masih saja belum menemui titik terang. Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts pun meminta pihak berwenang mengambil langkah yang tegas terkait liga di tanah air.

Menurutnya sudah saatnya federasi segera menyiapkan liga musim baru setelah lama mati suri. Tak perlu lagi ada laga lanjutan kompetisi 2020 yang terhenti sangat lama akibat pandemi covid-19 sejak Maret 2020.

Menurut Robert, terhentinya kompetisi sudah terlalu lama. Ketika negara lain sudah menggulirkan kompetisinya pasca pandemi, Indonesia malah terus terpuruk. Bahkan rencana menggelar lagi liga pada Februari 2021 masih belum jelas.

"Saya menyatakan dengan jelas bahwa kami tidak memainkan liga untuk musim 2020 lagi. Karena sampai saat ini tidak kunjung ada klarifikasi soal itu," kata pelatih berpaspor Belanda itu ketika diwawancara.

Sebelumnya PSSI berencana untuk melanjutan liga 2020 pada awal 2021. Label kompetisi pun diubah menjadi Liga 1 2020-2021. Lalu jalannya liga akan dilakukan dalam waktu yang terbilang singkat yaitu medio Februari hingga Juli 2021.

Robert menyatakan bahwa rencana tersebut kini sudah tidak relevan untuk dieksekusi. Karena belum kunjung ada titik terang mengenai kompetisi saat sudah memasuki Januari 2021. Sedangkan tim perlu melakukan persiapan untuk berkompetisi setelah lama absen.

"Tak ada waktu mempersiapkan tim demi menuntaskan kompetisi 2020 setelah sepuluh bulan terhenti, dan ketika liga nanti dimulai lagi artinya sudah sebelas bulan (kompetisi berhenti)," kata juru racik taktik yang pernah berkarir sebagai pemain bersama Ajax Amsterdam itu.

Maka dari itu, menurutnya akan lebih bijak jika PSSI atau PT. LIB memilih menghentikan Liga 2020 yang hanya berjalan tiga pekan saja. Dan langsung menggantinya dengan menggelar Liga 2021 serta segera menetapkan jadwalnya.

"Jadi pesan saya adalah berhenti memikirkan kompetisi 2020 bagaimanapun posisi di klasemen, hentikan itu berdasarkan peraturan dan fokus menghadapi liga baru musim 2021," ujar mantan pelatih Arema dan PSM itu.

Sebenarnya Persib sedang memimpin klasemen di Liga 1 2020 dengan koleksi 9 poin dari tiga kemenangan. Namun catatan impresif itu harus terhenti karena ada pandemi covid-19 yang melanda seantero dunia.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib

634  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini