Perbedaan Waktu Bikin Persib Sulit Lakukan Latihan Daring Bersama

Penulis: M. Aldi
Senin 01 Jun 2020, 10:15 WIB
Perbedaan Waktu Bikin Persib Sulit Lakukan Latihan Daring Bersama

Robert Rene Alberts ketika memberi intruksi pada pemain dalam sesi latihan

Berita Liga 1 Indonesia: Agenda training form home dari awak Persib Bandung kini sudah memasuki bulan ketiga. Semua pemain memang masih harus menjalankan program pelatih secara masing-masing di rumah sendiri karena pandemi corona.

Di beberapa klub luar negeri, agenda latihan di rumah memang kerap dibuat bersama. Caranya setiap pemain berlatih di depan gadget mereka sambil menyalakan fitur video conference. Namun Robert Rene Alberts menyebut hal itu tidak bisa dilakukan di Persib.

"Kami tak bisa mengatakan siapa yang terbaik ketika melakukan program karena kami tinggal di daerah masing-masing. Jadi kami tak bisa mengikuti apa yang dilakukan di Inggris misal, ketika semua pemain berada di Inggris sehingga semua bisa dalam satu waktu untuk terhubung di zoom dan melakukan (latihan) bersama," ujarnya ketika diwawancara.

Perbedaan waktu pada tempat tinggal masing-masing pemain yang menurutnya membuat latihan online bersama sulit diwujudkan. Untuk Indonesia saja sudah dibagi kepada tiga bagian waktu, belum lagi para pemain asing yang berada di negaranya masing-masing.

"Kami tidak melakukan itu, karena kami hidup di Indonesia dan tinggal di beberapa bagian waktu. Ada perbedaan jika berada di Bandung dengan tinggal di Pekanbaru. Kami juga punya pemain yang kini tinggal di Swedia, Brasil, dan Belanda, jadi waktunya pastinya sangat berbeda," jelasnya.

Namun demikian, Robert menyebut program latihan dari pemainnya tetap berjalan meski dilakukan sendiri-sendiri. Setiap pemain juga disiplin berlatih dengan menyetor video latihan mandiri mereka sebagai bukti tetap mengikuti instruksi pelatih.

"Tapi pemain memberikan laporan dan semua melakukan programnya. Itu bagus di samping mereka juga mempunyai program sendiri dan saya bisa katakan mendorong rasa tanggung jawab dari pemain," kata pria berusia 65 tahun ini.

Pemain yang beragama Islam juga sepekan ke belakang mendapat kelonggaran latihan karena merayakan lebaran. Namun kebijakan itu dikatakan Robert tak membuat anak asuhnya kedodoran, dia menyebut berat badan mereka juga tetap stabil.

"Semuanya masih dalam rentang yang sesuai dengan yang apa kami targetkan kepada pemain. Jadi semua terlihat bagus, semua juga terlihat termotivasi untuk memulai lagi latihan mandiri," kata mantan pelatih BEC Tero Sasana tersebut.

Artikel Tag: robert rene alberts, Persib, Bandung

302  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini